Pemkab Pacitan Gencar Garap Objek Wisata di Kota

119

PACITAN – Pemkab Pacitan mulai gencar menggarap destinasi wisata di perkotaan. Alasannya, tak mau hanya jadi tempat persinggahan dan numpang lewat. Sebelumnya, alun-alun diremajakan dengan tambahan air mancur menari. Kini kawasan Pantai Pancer Door juga diincar. ‘’Potensial. Bupati bahkan mulai condong ke Pancer,’’ kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pacitan Endang Sujasri kemarin (20/1).

Lokasinya tak jauh dari pusat kota. Pantai ini bisa ditempuh 15 menit saja dari alun-alun. Mirip Pantai Watukarung, Pringkuku. Pancer Door juga jadi tempat favorit para peselancar. Ombaknya dinilai panjang dan bertahan lama. Pun sebagai konservasi penyu. ‘’Cocok untuk bersantai bersama keluarga,’’ ujarnya.

Penataan para pedagang juga bakal dilakukan. Rencananya bakal dibangun beberapa gazebo untuk tempat para pedagang kuliner. Itu diharapkan bakal menambah daya tarik serta menghindarkan pantai dari mindset kumuh dan tak terawat. ‘’Ditata saja biar lebih rapi dan nyaman saat wisatawan berkunjung,’’ tuturnya.

Kepala Dinas Lingkungkan Hidup (DLH) Pacitan Edi Yunan menambahkan, pembangunan air mancur di alun-alun memang menambah daya tarik pengunjung. Air yang menari-nari plus pencahayaan ciamik menjadikan objek itu digandrungi pengunjung. ‘’Sengaja kami nyalakan seminggu sekali dan saat hari libur agar tak jenuh,’’ kata Yunan.

Selain kedua objek tersebut, beberapa spot lain juga mulai gencar diremajakan. Di antaranya Pantai Teleng Ria yang berbatasan langsung dengan Pancer Door. Setelah rusak diterjang banjir akhir 2017 lalu, lokasi parkir di tepi pantai kini telah dibangun pihak pengelola. Sehingga kendaraan roda dua maupun empat leluasa masuk  di sekitar pantai. (mg6/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here