Pemkab Ngawi Datangkan Pakar Marketing Hermawan Kartajaya

564
APRESIASI: Bupati Kanang didampingi Hermawan Kartajaya memberikan penghargaan kategori Policy Maker kepada salah satu OPD.

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Pemkab Ngawi terus berupaya mendorong perkembangan industri kecil menengah (IKM) dan usaha kecil menengah (UKM) setempat. Salah satunya dengan memberikan motivasi kepada para pelaku IKM-UKM melalui kegiatan Galang IKM-UKM 2019 di Pendapa Wedya Graha Kamis (12/9). ‘’Bagaimana mereka (pelaku IKM-UKM, Red) mampu mengolah pasar sebelum mengolah produk,’’ kata Bupati Ngawi Budi Sulistyono.

Kanang -sapaan Budi Sulistyono- mengakui ada beberapa kendala dalam mengembangkan IKM-UKM. Mulai keterbatasan modal hingga kesulitan pemasarannya. Namun, menurutnya, kendala yang terjadi sekarang lebih pada aspek pemasaran. Sedangkan permodalan sudah dapat diatasi. ‘’Makanya, sekarang yang lebih penting menciptakan orientasi pasar dan memberikan servis kepada customer,’’ ujarnya.

Menurut Kanang, keinginan pasar dan pelanggan itu harus dijadikan pemikiran dasar para pelaku IKM-UKM untuk mengolah produknya. Dia juga menginginkan pengembangan IKM-UKM di Ngawi bisa sejalan dengan program pemerintah daerah. ‘’Selama ini, selain UKM, juga ada pariwisata yang kami unggulkan untuk terus berkembang,’’ tuturnya.

Kedua sektor tersebut, lanjut Kanang, sangat berkaitan erat. Hal itu juga sudah dibuktikan di beberapa daerah yang memiliki pariwisata unggul pasti juga ditopang oleh IKM-UKM setempat. Nah, dengan kegiatan motivasi seperti kemarin diharapkan pariwisata Ngawi semakin berkembang dengan adanya dukungan dari IKM dan UKM. ‘’Makanya, kedua hal itu harus disiapkan supaya dapat berjalan dengan baik,’’ ucapnya.

Kegiatan Galang IKM-UKM 2019 kemarin diikuti sekitar 350 pelaku usaha di Ngawi. Motivator yang dihadirkan tidak tanggung-tanggung, yakni Presiden World Marketing Association Hermawan Kartajaya yang merupakan pakar marketing andal di tanah air.

Kanang juga didapuk memberikan penghargaan kepada organisasi perangkat daerah (OPD) kategori Policy Maker (pembuat kebijakan) di bidang IKM-UKM dari sejumlah daerah. Pun, beberapa penghargaan lain yang masih berkaitan dengan pengembangan IKM-UKM di Ngawi dan sekitarnya. (tif/c1/isd/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here