Pemkab Magetan Gelar Pasar Rakyat dan Gebyar Produk IKM-UMKM

807

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Magetan Smart diramaikan 40 stan OPD, 45 stan IKM, UMKM, Paguyuban Karismapawirogo, serta ratusan pedagang kaki lima. Pasar rakyat dan gebyar produk IKM-UMKM Magetan itu resmi dibuka Bupati Suprawoto Selasa malam (8/10).

Putaran ekonomi kerakyatan memperingati Hari Jadi ke-344 Kabupaten Magetan ini berlangsung hingga sembilan hari ke depan. Mulai 8 sampai 16 Oktober 2019. Momentum ini diharapkan membangkitkan gelora masyarakat agar lebih mencintai produk dalam negeri, khususnya dari lokal Magetan. ’’Semoga pasar rakyat dan gebyar produk IKM-UMKM ini tidak hanya sukses saat pelaksanaannya. Tapi juga sukses dalam pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat,’’ harap Kang Woto, sapaan Bupati Suprawoto.

Lebih penting lagi, event ini diharapkan bisa meningkatkan daya saing masyarakat menyongsong ekonomi ASEAN. Sekaligus mendorong tumbuh kembangnya IKM dan UMKM dengan meningkatkan stategi pembinaan, baik kualitas maupun variasi produk. Mengantarkan produk lokal lebih dikenal luas. ‘’Masyarakat juga bisa menjadikan acara ini sebagai arena hiburan dan rekreasi,’’ katanya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Magetan Sucipto mengucapkan terima kasih kepada peserta dari Karismapawirogo yang turut berpartisipasi dalam pasar rakyat dan gebyar produk IKM-UMKM tersebut. Jauh-jauh hari, mereka telah menyiapkan diri untuk mengikuti pameran dengan menampilkan produk unggulan masing-masing. ‘’Banyak yang berpartisipasi untuk menyukseskan agenda tahunan ini,’’ ujarnya.

Selain produk unggulan dan kuliner, pengunjung dimanjakan banyak hiburan. Di antaranya, hiburan dari pedangdut kondang Eny Sagita dan Cak Sodik dari Monata. Disperindag juga bekerja sama dengan Kodim 0804/Magetan, Kemenag, disparbud, disdikpora, dan Cabdindik Jatim. ‘’Banyak hiburan mulai pembukaan sampai penutupan,’’ pungkasnya. (ebo/bel/c1/fin/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here