Pemkab Buka Keran Investasi Sektor Wisata

151

NGAWI – Sektor pariwisata menjadi andalan baru Pemkab Ngawi untuk menggaet investor.  Itu tak lepas dari semakin berkembangnya beberapa objek wisata di Bumi Orek-Orek, terutama yang dikelola pihak swasta.

Kabid Penanaman Modal Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Lagimin mengatakan, sejatinya Ngawi memiliki banyak potensi yang bisa ditawarkan kepada investor. Mulai bidang pertanian, peternakan, hingga kerajinan tangan. Namun, bupati menginginkan agar tahun ini diprioritaskan pada sektor pariwisata. ‘’Tujuannya supaya lebih banyak yang datang ke sini (Ngawi, Red),’’ ujarnya kemarin (5/1).

Kata Lagimin, semakin banyaknya wisatawan ke Ngawi dipastikan menimbulkan multiefek yang bisa dirasakan warga setempat. Mulai terbukanya peluang usaha baru hingga penyerapan tenaga kerja. ‘’Sehingga bukan hanya pemerintah yang mendapat keuntungan, tapi ekonomi masyarakat juga ikut terdongkrak,’’ tuturnya.

Meski begitu, dia menegaskan bahwa sektor lain tidak boleh luput dari target. Sebab, pemkab juga tengah getol membangun kawasan industri untuk menarik minat para investor melakukan ekspansi usaha ke Ngawi. Berdasarkan catatan DPMPTSP, realisasi investasi di sektor rekreasi selama 2018 menembus angka Rp 4,3 miliar.

Kabid Pariwisata Disparpora Ngawi Totok Sugiharto mengakui, selama ini daerah yang wisatanya berkembang signifikan kebanyakan dikelola pihak swasta. Maklum saja, industri pariwisata menyedot modal lumayan besar, selain manajemen yang lebih profesional. ‘’Memang makin banyak investasi masuk, daerah lebih cepat berkembang,’’ ungkapnya.

Tahun ini pihaknya bakal melakukan kajian untuk memetakan wilayah yang memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata andalan. Termasuk mengkaji permodalan dan margin keuntungan yang diperoleh calon investor. ‘’Intinya, akan kami cari daerah yang berpotensi dijadikan destinasi wisata tapi belum ada pemodalnya,’’ ujarnya. (tif/c1/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here