Pemkab Ajukan Sarangan Sebagai Wisata Strategis Nasional

296

MAGETAN – Magetan menyimpan banyak potensi wisata. Mulai wisata alam, wisata religi, hingga wisata kuliner. Nah, karena terdorong ingin terus mengembangkan aset pariwisata, Pemkab Magetan terus melangkah. Terbaru, pemkab berencana membentuk Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD).

Kabid Pengelolaan Pariwisata Disparbud Magetan Hadi Sumarno mengungkapkan, pembentukan BPPD itu tak lepas dari kebijakan bupati Suprawoto. Orang nomor satu di Magetan itu berniat ingin menjadikan Telaga Sarangan sebagai prioritas utama pembangan pariwisata daerah tahun ini. ‘’Saat ini sedang persiapan untuk membentuk BPPD,’’ katanya kepada Jawa Pos Radar Magetan kemarin (9/2).

Dia menjelaskan Telaga Sarangan yang masuk dalam selingkar Lawu itu bakal menjadi kawasan wisata strategis nasional. Sehingga, pengelolaannya haru  maksimal. ‘’(Telaga) Sarangan ini bukan hanya wisata alam, tapi juga mempunyai nilai historis yang tinggi,’’ ungkap Hadi.

Menilik historis Telaga Sarangan, dulunya objek wisata itu pernah menjadi sekolah militer angkatan laut sebelum akhirnya dipindah ke Magelang. Dalam waktu yang bersamaan juga digunakan sebagai sekolah olahraga. Instrukturnya merupakan warga Jerman.

Sedangkan Gunung Lawu merupakan gunung api purba dari dasar laut yang mengalami erupsi. Dimana, Gunung Lawu tersebut menjadi gunung api purba tertinggi keempat di Indonesia. Di Gunung Lawu pula ditemukan fosil manusia pertama, yakni di Trinil, Ngawi. ‘’Karena itulah Sarangan kami ajukan sebagai kawasan wisata strategis nasional,’’ jelasnya.

Selain itu, Hadi menyebut jika kondisi alam di Gunung Lawu sangat potensial untuk dijadikan sebagai geopark. Itu didukung dengan keberadaan sumber panas di wilayah Ngluweng. Tidak hanya itu, Gunung Lawu juga menyimpan panas bumi yang bisa dijadikan sumber energi alternatif. Bahkan, konon gunung itu juga menyimpan cadangan emas yang masih belum diketahui besar kandungannya. ‘’Ini butuh pengeboran (eksploitasi) untuk memastikan,’’ kata Hadi. (bel/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here