PEMILU: Surat Suara Belum Tiba

80

NGAWI – KPU Ngawi resah. Pemicunya, hingga kemarin (10/3) lembaga itu belum menerima surat suara Pemilu 2019. Padahal, jatah sejumlah daerah lain telah tiba dan hari coblosan kian dekat. ‘’Kami sudah minta ke percetakannya langsung agar disegerakan (pengiriman surat suara, Red),’’ kata Ketua KPU Ngawi Syamsul Wathoni.

Toni -sapaan akrab Syamsul Wathoni- mengaku telah mendatangi percetakan di Bekasi pada Jumat lalu (8/3). Pihaknya mendesak agar pengiriman surat suara untuk Ngawi dipercepat. Minimal, Rabu lusa sebagian sudah dikirim. Sedangkan sisanya paling lambat dikirim Minggu mendatang (17/3). ‘’Kalau belum bisa keseluruhan kami minta sebagian dulu,’’ ujarnya.

Menurut dia, desakan mempercepat pengiriman itu cukup beralasan. Sebab, surat suara yang diterima kelak tidak bisa langsung didistribusikan. Melainkan terlebih dulu harus dilakukan penyortiran untuk memastikan semuanya layak digunakan. Juga pelipatan sebelum didistribusikan hingga ke TPS. ‘’Estimasi kami, proses sortir dan pelipatan sekitar 15 hari. Jadi, kalau molor nanti waktunya tidak cukup,’’ ucapnya.

Dari hasil diskusi yang dilakukannya dengan pihak percetakan beberapa hari lalu, kata dia, solusi yang memungkinkan adalah dikirim sebagian yang sudah siap. Setidaknya, hal itu bisa untuk mengantisipasi waktu yang semakin mepet. ‘’Kami menargetkan tanggal 30-31 Maret ini semua sudah klir (penyortiran dan pelipatan, Red),’’ kata Toni.

Sebelumnya, surat suara Pemilu 2019 untuk Ngawi dijadwalkan tiba hari ini. Namun, kenyataannya dari hasil kunjungan KPU ke Bekasi lalu belum bisa dikirim. Toni mengaku pada Sabtu malam (9/3) malam pihaknya hanya menerima formulir C atau penghitungan rekapitulasi suara. ‘’Baru itu (formulir C, Red) yang kami terima. Jumlahnya sudah komplet, 2.760 buku,’’ ungkapnya.

Jika dihitung sesuai jumlah daftar pemilih tetap hasil perubahan kedua (DPTHP-2) sebanyak 705.092 jiwa, jumlah surat suara yang seharusnya diterima KPU Ngawi sebanyak 3.525.460 lembar. Terdiri lima jenis surat suara untuk pemilihan DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD, serta presiden dan wakil presiden. (tif/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here