PEMILU: Lipat Surat Suara Makan Waktu 12 Hari

61

MADIUN – Sortir dan lipat surat suara di KPU Kabupaten Madiun sudah paripurna. Aktivitas lipat surat suara itu menelan waktu 12 hari sebelum didistribusikan ke seluruh TPS di Kabupaten Madiun. ‘’Setting logistik bakal melibatkan elemen dari kecamatan dan dari TPS,’’ kata Ketua KPU Kabupaten Madiun Anwar Soleh Azarkoni.

Anwar mengutarakan setting logistik segera distribusi. Penyebaran logistik pemilu itu ditargetkan tiga hari sudah diserahterimakan ke panitia pemilihan kecamatan (PPK). Terhitung mulai tanggal 12, 13, 14 April mendatang. ‘’Karena saya yakin tidak ada hambatan, medan di Kabupaten Madiun tidak terlalu sulit,’’ ujarnya.

Geografis pegunungan lereng Wilis di Madiun masih dapat dijangkau kendati menggunakan motor trail. Seluruhnya bisa ditempuh menggunakan jalur darat. Jadi, pihaknya tak membutuhkan helikopter. Selain itu, akses di desa yang paling jauh tidak sesulit seperti medan di Pacitan maupun daerah Trenggalek. ‘’Masih bisa dijangkau dengan mudah, harapannya tidak ada keterlambatan,’’ ucapnya.

TPS di Desa Sumberbendo, Kecamatan Saradan, masuk kategori terjauh di Kabupaten Madiun. meski begitu, pada 15 April logistik harus sudah berada di kecamatan dan siap distribusi ke desa. Sehari kemudian harus sudah berada di TPS. Dia menyebut semuanya bakal tetap dilakukan sesuai jadwal; entah berapa pun jarak terjauh dari kantor KPU pusat maupun Gedung Korpri. ‘’Karena pertimbangannya medan tidak terlalu sulit, hanya jauh,’’ sebutnya.

Terkait dengan bencana banjir yang sempat melanda Kabupaten Madiun awal Maret lalu, pihaknya sudah melakukan antisipasi. Khususnya di TPS yang ada di desa–desa terdampak banjir. Pihaknya bakal melakukan bimtek untuk petugas TPS yang ada di daerah tersebut agar bisa mengantisipasi bencana. ’’Tetap kami antisipasi, jangan sampai logistik turut jadi korban,’’ ungkapnya.  (fat/c1/pra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here