Pemilu 2019: Pertarungan Memperebutkan Satu Kursi Tambahan

229

PACITAN – Pertarungan para calon legislatif (caleg) di Daerah Pemilihan (Dapil) III Nawangan-Bandar bakal adem ayem. Pasalnya, incumbent tetap mendominasi. Maklum kelima pemilik kursi di DPRD Pacitan saat ini masih bertaji untuk bersaing dalam kontestasi Pemilu Legislatif (Pileg) 2019. ‘’Incumbent masih jadi sosok kuat di wilayahnya masing-masing,’’ kata Tri Saptono, pengamat politik di Pacitan, kemarin (26/1).

Mereka adalah Suprihati Winarcahyani dari Partai Demokrat, Lancur Susanto (Golkar), Heriyanto (PDIP), Sutikno (Hanura), Handono (Nasdem) dan Suwandi Iwan Suhendra (PAN). Terlebih kondusivitas di dua kecamatan tersebut terjaga. Baik dari masalah sosial maupun ekonomi. Sehingga, rivalitas utama justru untuk perebutan satu kursi tambahan. ‘’Ada tambahan satu kursi. Perebutan satu kursi inilah yang bakal ramai,’’ prediksinya.

Kursi tambahan tersebut diperebutkan 68 caleg tersisa. Hanya siapa yang berpotensi meraihnya masih gelap. Diperkirakan caleg dengan visi misi yang berpihak pada ‘wong cilik’ bakal melenggang. Itu menyesuaikan karakter warga Bandar-Nawangan. ‘’Pendekatan pun harus dengan cara wong cilik. Datang di berbagai kegiatan warga dan membantu kegiatan kemasyarakatan,’’ imbuhnya.

Dengan begitu, parpol pengusung bukan faktor utama caleg meraih suara terbanyak. Tergantung seberapa intens caleg turun ke warga. Selain itu, caleg yang memiliki visi misi mengembangkan infrastruktur di dapilnya bisa jadi idola baru warga. Sebab, kondisi infrastrukrur di Nawangan dan Bandar relatif tertinggal. ‘’Tetapi warga juga memantau komitmen calegnya. Benar-benar serius atau tidak,’’  katanya mengingatkan. (odi/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here