Distribusi Logistik Pemilu Ditarget Dua Hari Rampung

24

PACITAN – Kemarin (10/4) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pacitan mulai mendistribusikan logistik Pemilu 2019 ke 12 kecamatan. Ditargetkan paket perlengkapan coblosan di dalam kotak suara tersebut rampung dikirim dua hari. ‘’Kami kirim seluruhnya langsung,’’ kata Ketua KPU Pacitan Damhudi.

Menurut Damhudi, 15 April mendatang seluruh logistik harus sudah berada di semua desa. Sebelum dikirim ke tempat pemungutan suara (TPS), logistik harus melalui beberapa tahapan. ‘’Termasuk dicek lagi kelengkapannya di PPK (panitia pemilihan kecamatan),’’ terangnya.

Penghitungan jumlah surat suara dan formulir hingga proses penyegelan kotak suara bakal dilakukan di PPK. Pun bakal disaksikan badan pengawas pemilu (bawaslu) serta aparat kepolisian setempat. Sebab, kelengkapan tersebut jadi kunci kesuksesan pemilu. ‘’Setelah clear baru disegel di kecamatan,’’ ujarnya.

Dia berharap distribusi hingga TPS lancar. Meski kondisi geografis Pacitan cukup sulit. Pun aman dari hujan. Pasalnya, meski telah dilapisi antiair. Hujan dikhawatirkan bakal mengganggu perjalanan distribusi logistik. ‘’Selama cuaca bagus tak akan ada kendala,’’ harapnya.

Untuk pengganti surat suara rusak, hingga kemarin belum tiba di Pacitan. Dia berharap datang sebelum 15 April. Rencananya, logistik tersebut untuk TPS di wilayah Kecamatan Pacitan (kota) dengan pertimbangan jarak tempuh yang mudah dan dekat.

Sementara Koordinator Divisi Pengawasan Hubungan Antar Lembaga dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Pacitan Sulami berharap ada tambahan armada pengiriman logistik mengingat waktu semakin mepet hari coblosan 17 April mendatang. Pun kondisi akses jalan yang tak semua mulus bakal membuat logistik rawan rusak. ‘’Kami harapkan dipercepat. Jadi kalau ada yang rusak bisa segera ditangani KPU,’’ pintanya.

Sementara proses distribusi kemarin dimulai dari ujung timur Kabupaten Pacitan, yakni Kecamatan Ngadirojo, Donorojo, Sudimoro, Bandar serta Tegalombo. Pun kotak suara yang terbuat dari karton membuat proses pengangkutan berjalan lambat. Terutama, saat penataan di atas bak truk yang tinggi. (gen/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here