Pemilu 2019: Logistik Mulai Rambah Desa

11

NGAWI – Logistik Pemilu 2019 mulai Senin (15/4) sudah bergeser dari gudang panitia pemilihan kecamatan (PPK) ke gudang panitia pemungutan suara (PPS) di desa dan kelurahan. Proses distribusi itu tetap dilakukan meski sebagian PPK belum menerima lengkap kebutuhan logistik dari KPU Ngawi. ‘’Kami kirim dulu yang sudah ada, sisanya menyusul,’’ kata Ketua PPK Kecamatan Padas Suratno.

Hingga siang kemarin, Suratno bersama petugas PPK lainnya dibantu pihak keamanan sibuk mendistribusikan logistik kotak suara beserta isinya ke sejumlah PPS di kecamatan setempat. Namun, baru empat jenis yang bisa didistribusikan. Sedangkan satu lainnya, yakni logistik untuk pemilihan anggota DPRD kabupaten, masih menunggu kiriman dari KPU setempat. ‘’Sore ini (kemarin, Red) kami ambil di gudang KPU dan akan langsung dikirim ke PPS,’’ ungkapnya.

Upaya tersebut dilakukan untuk mengantisipasi keterlambatan pendistribusian logistik ke tempat pemungutan suara (TPS). Sebab, sesuai tahapan seharusnya pada H-2 semua logistik pemilu sudah sampai di PPS atau desa. Selanjutnya, pada H-1 didistribusikan ke tiap TPS. Namun, karena kendala keterlambatan pengiriman logistik dari percetakan membuat distribusi hingga ke bawah ikut molor dari jadwal.

Kendati begitu, ada juga wilayah yang proses distribusinya tepat waktu. Terutama untuk kecamatan yang jaraknya dengan Ngawi Kota lumayan jauh. Pasalnya, pihak KPU sengaja memprioritaskan wilayah-wilayah tersebut untuk menerima logistik secara lengkap. Sebut saja Kecamatan Geneng. ‘’Sudah semua, lengkap lima jenis kotak suara,’’ imbuh Ketua KKP Geneng M. Mahfud Evi Yulyvan.

Sementara itu, KPU Ngawi memastikan kebutuhan surat suara untuk coblosan besok sudah lengkap. Kepastian itu setelah KPU menerima kekurangan surat suara dari percetakan kemarin. Baik surat suara pengganti yang rusak, kekurangan surat suara, maupun surat suara untuk pemilih tambahan. ‘’Semua sudah lengkap, tinggal disortir dan didistribusikan,’’ kata Ketua KPU Ngawi Syamsul Wathoni.

Toni -sapaan akrab Syamsul Wathoni- juga memastikan proses distribusi logistik dalam kotak suara kebutuhan semua PPK rampung tadi malam. Mulai pagi ini, PPK yang menerima logistik terakhir bisa mendistribusikannya langsung ke PPS. Harapannya, malam ini semua logistik tersebut sudah berada di tiap TPS. Sedangkan untuk kebutuhan TPS tambahan, diharapkan klir hari ini. (tif/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here