PEMILU 2019: Logistik DPTb Masih Belum Jelas

36

MAGETAN – Keperluan logistik surat suara bagi 5.151 pemilih tambahan di Magetan masih belum jelas jluntrungannya. KPU Magetan sampai saat ini belum mendapat petunjuk lanjutan dari KPU RI terkait persoalan tersebut. ‘’Sesuai regulasinya kami masih menunggu keputusan dari KPU RI. Tapi, untuk anggaran perekrutan pegawai khusus TPS Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) sudah ada,” kata Ketua KPU Magetan Popy M.S Putranto kemarin (1/4).

Karena belum ada instruksi dari KPU RI, Popy mengaku belum bisa menjelaskan secara terperinci soal kebutuhan logistik bagi pemilih tambahan tersebut. Namun, berdasar hasil rapat koordinasib (rakor) bersama dengan KPU Jatim beberapa hari lalu dalam waktu dekat ada putusan yang dikeluarkan oleh KPU RI. Terlebih status pemilih tambahan itu sama dengan data pemilih yang sudah tercatat di DPT. “Menurut informasi terakhir, KPU RI akan secepatnya mendistribusikan perihal logistik bagi pemilih tambahan tersebut. Tapi, pastinya kapan saya belum bisa memastikan,” terang Popy.

Apabila logistik bagi pemilih tambahan itu belum terdistribusi ke daerah saat hari pencoblosan, Popy menyatakan tetap akan melaksanakan tahapan pemilu sebagaimana semestinya. Hanya, mekanismenya pemenuhan logistik pemilih tambahan itu nanti menggunakan sisa dua persen surat suara cadangan dari DPT. ‘’Yang jelas, KPU RI sudah bisa memastikan terkait hal ini. Tapi, jika estimasi terakhir tidak bisa dikirim, kita tetap memakai surat suara dari sisa DPT,‘’ ungkapnya.

Tercatat jumlah surat suara total untuk pemilu 2019 di Magetan mencapai 2.716.655 lembar. Jumlah itu sudah termasuk surat suara cadangan. Selanjutnya, jutaan lembar surat suara itu akan didistribusikan ke 2.197 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Namun itu belum mencakup 16 TPS tambahan.

Meskipun demikian, Popy berharap logistik bagi pemilih tambahan itu bisa dicukupi. Mengingat pascaputusan MK pada 28 Maret lalu, KPU memutuskan untuk membuka kembali pelayanan pindah pilih sampai dengan H-7 sebelum pencoblosan.  ‘’Kami yakin polemik yang terjadi kali ini bisa teratasi,” tandasnya.(mgc/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here