PEMILU 2019: Logistik Dikirim via Pos hingga Dibungkus Plastik

23

14ngos-ngosan. Wilayah pegunungan atau perbukitan kendalanya. Pun sejumlah KPU wilayahnya sangat luas.

KPU Pacitan salah satunya.  Tidak ingin ambil risiko, 18 armada truk disiapkan wira-wiri ke seluruh kecamatan. Dimulai dari yang terjauh. ‘’Target kami 15 April seluruh logistik sudah di semua desa,’’ kata Ketua KPU Pacitan Damhudi kemarin (12/4).

Sedangkan KPU Kabupaten Madiun punya cara beda untuk mendistribusikan logistik pemilu. Yakni bekerja sama dengan PT Pos Indonesia. Lima armada disiapkan untuk mengirim ke panitia pemilihan kecamatan (PPK). Bahkan tenaga bongkar muat pun masuk dalam kerja sama. ‘’Rencananya, setiap hari kami kirim ke lima kecamatan,’’ ujar Ketua KPU Kabupaten Madiun Anwar Soleh Azarkoni.

Meski begitu dalam proses pengiriman muncul kekhawatiran yang berujung terlambat hingga kerusakan logistik. Untuk mengamankan logistik, KPU Ponorogo melapisi surat suara dengan sampul plastik. Itu untuk melindungi dari air hujan. ‘’Pengamanan berlapis. Surat suara dilapisi sampul plastik. Kotak suara juga disegel,’’ ungkap Ketua KPU Ponorogo Ahmad Fauzi.

Sementara KPU Ngawi memastikan seluruh logistik sudah distribusikan ke seluruh kecamatan. Hanya, Ketua KPU Ngawi Syamsul Wathoni pesimistis kebutuhan logistik untuk delapan TPS tambahan bisa diselesaikan tepat jadwal. Alasannya, penentuan TPS tambahan mendadak. Disetujui 9 April lalu. ‘’Yang terpenting saat proses pencoblosan semua TPS sudah terpenuhi semua logistiknya,’’ tegasnya.

Sementara KPU Magetan lebih pede (percaya diri). Meski wilayahnya di lereng Gunung Lawu, distribusi logistik tidak menemenui kendala berarti. Pun wilayahnya tak luas. Pun tidak ada lokasi ekstrem. Lokasi sulit terjangkau dan jauh jadi prioritas. Di antaranya Kecamatan Parang, Poncol dan Plaosan. Bermodal empat armada truk, distribusi menyisakan logistik pemilu legislatif (pileg) dan pemilu presiden (pilpres). ‘’Selanjutnya distribusi langsung dari petugas PPK di setiap kecamatan,’’ jelas Ketua KPU Magetan Popy MS Putranto. (odi/tif/ bel/naz/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here