Pemilu 2019: KPU Pacitan Masih Sibuk Lipat Surat Suara

59

PACITAN – Hingga H-2 coblosan kemarin (15/2) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pacitan masih disibukkan dengan pelipatan surat suara. Padahal sesuai jadwal, seluruh logistik Pemilu 2019 sudah harus sampai di panitia pemilihan kecamatan (PPK). Pelipatan yang dilakukan sekitar sepuluh orang dilaksanakan di Sekretarir KPUJalan Veteran, Pucangsewu, Pacitan.

Komisioner Divisi Teknis KPU Pacitan, Suli Styorini mengatakan yang dilipat tersebut untuk tempat pemungutan suara (TPS) tambahan di Rutan Kelas IIB Pacitan, Pondok Pesantren Tremas, dan surat suara pengganti yang rusak dalam proses sortir sebelumnya. Surat suara tersebut berjumlah ribuan. Sedangkan kedatangannya baru tiga hari lalu. ‘’Datangnya tanggal 12 kemarin,’’ imbuhnya.

Meski begitu, Rini mengklaim sebagian besar logistik TPS tambahan dan pengganti sudah disalurkan ke masing-masing TPS. Terutama wilayah pinggiran. Sedangkan yang masih di KPU hanya logistik untuk TPS di wilayah Kecamatan Pacitan (kota). Rini memastikan seluruh logistik rampung didistribusikan kemarin (15/4). ‘’Hari ini tinggal finishing. Memasukkan surat suara ke dalam kotak suara. Hanya satu dua yang belum selesai,’’ ujarnya.

Kemarin Bupati Pacitan Indartato beserta jajaran dan perwakilan forkopimda juga sempat datang ke KPU untuk rapat koordinasi persiapan Pemilu 2019. Pemkab Pacitan memfasilitasi sosialiasi peningkatan partisipasi pemilih. ‘’Sedangkan kepolisian terkait pengamanan. Sehingga, TPS aman, damai dan tidak ada gangguan,’’ jelasnya.

Pak In, sapaan bupati Indartato, membenarkan pemkab diminta dukungan terkait pelaksanaan Pemilu 2019. Salah satunya, meningkatkan partisipasi pemilih melalui sejumlah sosialiasi dan edukasi. Hanya, pihaknya bakal lebih berkoordinasi dengan aparat keamanan. Pasalnya pihaknya tidak ingin terjadi bentrok dan masalah lainnya dalam pemilu.

‘’Dukungan peningkatan angka partisipasi pemilih paling pokok. Tapi yang lebih penting kondusivitas dalam pesta demokrasi lima tahunan itu. Kami akan sampaikan ke aparat keamanan agar yang hadir di TPS tidak neko-neko, tapi menggunakan hak pilih dengan baik, ’’ beber Pak In.

Sementara hari ini (16/4), KPU Pacitan dijadwalkan kedatangan tamu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Prawansa beserta Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Wisnoe Prasetya Budi. Mereka bakal mengecek kesiapan Pemilu 2019 di Kota 1001 Gua. ‘’Rundown-nya ke KPU, cuma mau menengok TPS di sekitar situ,’’ ungkap Kapolres Pacitan AKBP Sugandi. (odi/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here