Pemilu 2019: Kans New Comers Terbuka Lebar di Dapil II

186

PACITAN – Kans untuk menduduki kursi DPRD Pacitan di Daerah Pemilihan (Dapil) II Punung–Donorojp terbuka lebar untuk para calon legislatif (caleg) pendatang baru. Pasalnya, kesenjangan elektabilitas mereka dengan incumbent sangat tipis. ‘’Peluangnya sama antara incumbent dengan new comers. Tergantung cara mereka menjual visi dan misinya,’’ kata Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STKIP PGRI Pacitan Dr Mukodi kemarin (25/1).

Peluang caleg non-incumbent, menurut dia, semakin besar jika mereka mampu mengikuti perkembangan teknologi informasi (TI). Khususnya media sosial. Pasalnya, kemasan visi misi yang dibeber melalui media sosial mudah diganyang para pemilih milenial. Jika kampanye model ini juga dimanfaatkan incumbent, peluang caleg pendatang baru makin tipis. ‘’Jadi, tinggal bagaimana para pendatang baru memanfaatkan media sosial,’’ ujarnya.

Meski begitu, Mukodi pun mengingatkan kedekatan caleg dengan jaringan masyarakat tidak ditinggalkan. Terutama, tokoh agama dan masyarakat. Pasalnya, pengaruh mereka mampu mendongkrak elektabilitas caleg. Pun pengaruh terhadap basis massanya. ‘’Untuk menyebut siapa yang berpeluang, kami belum bisa. Apalagi kami juga belum lakukan riset seperti pileg sebelumnya,’’ dalihnya.

Sehingga, dia belum bisa memastikan kekuatan parpol di dapil II itu. Mukodi menyebut persaingan bukan antarpartai, melainkan antarcaleg. Dengan kata lain elektabilitas dan kemampuan caleg membangun jaringan jadi kunci kemenangan dalam kontestasi lima tahunan nanti. ‘’Ibarat kata, partai itu rumahnya. Sedangkan caleg itu penghuni yang bertemu dengan konstituennya,’’ terangnya.

Dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 lalu, Dapil II Punung-Donorojo memiliki lima kursi. Masing-masing diraih Puji Setyo Hadi dari Partai Demokrat, Triyani (Demokrat), Prabowo (Golkar), Mardiyanto (PDIP), dan Agus Setiyanto (PPP). Caleg pendatang baru berpeluang untuk meraih kursi pada Pileg 2019 lantaran ada tambahan satu kursi di dapil ini. Plus satu kursi lainnya ’’nganggur’’ lantaran Mardiyanto tidak lagi bersaing di Dapil II Punung-Donorojo. Itu setelah Ketua DPC PDIP Pacitan tersebut nyaleg DPRD Provinsi Jatim Dapil IX Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Magetan, dan Ngawi. (odi/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here