PEMILU 2019: Gudang PPK Belum Siap, Distribusi Logistik Molor

20

NGAWI – Sejumlah logistik Pemilu 2019 di luar kotak suara kemarin (3/4) mulai didistribusikan ke masing-masing kecamatan. Sebelumnya, KPU Ngawi menargetkan proses distribusi tersebut dilakukan pada Senin lalu (1/4). Namun, karena alasan tertentu akhirnya molor dua hari. ‘’Saat itu kami belum pastikan kesiapan gudang milik PPK (panitia pemilihan kecamatan, Red), makanya diundur,’’ terang Ketua KPU Ngawi Syamsul Wathoni .

Selain masalah gudang PPK, Toni -sapaan Syamsul Wathoni- menyebut kala itu KPU juga belum berkoordinasi dengan pihak lain terkait, termasuk aparat keamanan. ‘’Kami pastikan besok (hari ini, Red) distribusi sudah klir,’’ ujarnya kepada Radar Ngawi.

Logistik yang mulai didistribusikan kemarin di antaranya tanda pengenal petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS), lem, bolpoin, spidol, stiker nomor kotak suara, formulir model C-7 (DPT, DPK, DPTb), dan daftar pasangan calon maupun daftar calon tetap (DCT). ‘’Untuk yang DPT nanti kami kirim menyusul karena baru diplenokan kemarin (Selasa, Red),’’ ungkapnya.

Toni menambahkan, logistik lain yang dimasukkan dalam kotak suara juga akan segera didistribusikan. Pun, dia menargetkan pada H-3 semua logistik pemilu nanti sudah diterima PPK. ‘’Hari ini (kemarin, Red) baru rapat koordinasi untuk teknis pendistribusiannya (logistik dalam kotak suara). Kami usahakan secepatnya bisa didistribusikan,’’ tegasnya.

Dia belum bisa memastikan kapan logistik dalam kotak suara itu akan didistribusikan. Pasalnya, proses penyortiran dan pelipatan surat suara DPRD kabupaten belum rampung. Padahal, sebelumnya ditargetkan selesai pada 31 Maret lalu. Sampai kemarin ada dua daerah pemilihan (dapil) yang belum disortir dan dilipat

Kendati meleset daru target, Toni optimistis semua akan berjalan lancar. Apalagi, berdasarkan koordinasi dengan pihak gudang, proses packing logistik di dalam kotak suara sudah bisa dimulai besok. ‘’Setelah selesai pengepakan langsung kami kirim,’’ pungkasnya. (tif/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here