Hadiri Caleg DPR RI, Dua Kades Dipanggil Bawaslu

77

PONOROGO – Kades Jenangan Toni Rohmadi dan Kades Tatung, Balong, Rudi Sugiarto diklarifikasi Bawaslu Ponorogo, kemarin (10/4). Keduanya diduga menghadiri kampanye caleg DPR RI di Magetan, beberapa waktu lalu. ‘’Temuan ini akan kami kembangkan, kaji dan plenokan,’’ tegas Koordinator Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran Bawaslu Marji, kemarin.

Pantauan Radar Ponorogo, Toni datang ke kantor bawaslu di Jalan Trunojoyo sekitar pukul 10.30. Dia diklarifikasi sekitar satu jam. Berselang 30 menit, giliran Rudi datang didampingi istri. Dia diklarifikasi sekitar setengah jam. ‘’Dari whatsapp dan facebook banyak beredar mengenai informasi keterlibatan dua kades itu dalam sebuah kegiatan kampanye. Kami juga sudah berkoordinasi dengan Bawaslu Magetan karena dugaan lokasinya disana,’’ lanjutnya.

Marji membeber, Toni dan Rudi sama-sama dicecar 30 pertanyaan. Marji ingin memastikan, apakah aktivitas mereka dalam kampanye termasuk pelanggaran pemilu atau tidak. Sebab, kades dan perangkat desa wajib netral, mengacu UU 7/2017 tentang Pemilu. ‘’Masih belum dapat kami simpulkan apakah memenuhi unsur pelanggaran-pelanggaran dalam UU Pemilu atau tidak. Kalau terbukti, sanksinya pidana. Nanti akan diputuskan di gakumdu (sentra penegakan hukum terpadu),’’ urainya.

Baik Toni maupun Rudi enggan berbicara banyak kala dicegat awak media seusai diklarifikasi. Toni beralasan sibuk mengurus dokumen kependudukan di dispendukcapil. Sementara Rudi berkilah hendak ke rumah sakit. ‘’Maaf saya ditunggu, mau ke rumah sakit,’’ ujarnya sambil bergegas menuju mobilnya. (naz/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here