Pemilu 2019: APK Dekat Musala Belum Ditertibkan

103

MAGETAN – Sosialisasi dari KPU kurang atau para calon legislatif (caleg) memang bandel. Nyatanya, masih banyak alat peraga kampanye (APK) yang dipasang ngawur. ’’Untuk Jatim, serentak setiap dua minggu sekali kami tertibkan,’’ kata Ketua Divisi Penindakan Bawaslu Magetan Abdul Aziz Nuril Huda.

Baru-baru ini bawaslu mendapat laporan dari panwascam. Yakni, adanya APK yang terpasang sangat dekat dengan tempat ibadah. Lokasinya di Desa Ngariboyo. Sesuai laporan, APK yang mejeng dekat musala itu masuk kategori melanggar. ’’Sudah masuk registrasi, kami akan verifikasi untuk penindakan lebih lanjut,’’ ujarnya.

Menurutnya, bawaslu tidak lamban menertibkan. Namun, ada time line yang harus dipenuhi. Semuanya sudah tercantum dalam regulasi. ’’Setelah survei, kami akan kirim surat edaran ke caleg tersebut,’’ tuturnya.

Aziz tetap mengimbau semua peserta pemilu legislatif untuk melakukan pemasangan APK sesuai ketentuan. Dipasang di dekat tempat ibadah dan sekolah itu dilarang. Sebaiknya untuk pemasangan berkoordinasi dengan pihak KPU maupun bawaslu. Sementara, bagi masyarakat apabila mendapati adanya dugaan pelanggaran pemasangan APK dan BK, bisa segera melapor. ’’Kami pasti akan tindak lanjuti,’’ janjinya. (mgc/c1/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here