Ngawi

Pemilik Peternakan Ayam Penuhi Panggilan Satpol, Klaim Sedang Lengkapi Perizinan Usaha

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Setelah sempat mangkir pada pemanggilan pertama, Bayu Juniarto, pemilik usaha peternakan ayam di Dusun Alas Pecah, Desa/Kecamatan Geneng, akhirnya mendatangi kantor Satpol PP Ngawi Kamis (1/8). Bayu hadir usai mendapat pemanggilan kedua dari korps penegak perda.

Saat diminta klarifikasinya oleh satpol PP kemarin, Bayu menyampaikan bahwa saat ini pihaknya sedang mengurus sejumlah perizinan terkait usaha peternakan ayamnya. Bahkan, beberapa izin seperti nomor induk berusaha (NIB) dan surat izin usaha perdagangan (SIUP) sudah dikantongi. ‘’Tadi (kemarin, Red) juga sudah kami serahkan fotokopiannya ke satpol PP,’’ kata Bayu.

Sementara, beberapa izin yang sedang dalam proses di antaranya izin mendirikan bangunan (IMB) serta pengelolaan limbah. ‘’Beberapa perizinan itu memang membutuhkan waktu lama. Yang jelas, kami akan menaati aturan terkait pendirian usaha peternakan ayam,’’ tegasnya.

Di sisi lain, diakui selama ini ada kelalaian dalam manajemen perusahaannya. Termasuk munculnya laporan warga kepada pemkab. ‘’Ada kejadian yang tidak mengenakkan kami, tapi sekarang semua itu sudah terlewati,’’ sebut Bayu.

Dia berjanji memperbaiki sistem manajemen usahanya. Pun, bakal berusaha menjalin hubungan baik dengan warga sekitar. ‘’Intinya, harus ada kerja sama yang baik dengan lingkungan sekitar,’’ ujar warga asli Desa Tambakromo, Geneng, ini.

Kasi Pembinaan Pengawasan dan Penyuluhan Satpol PP Ngawi Arif Setiyono mengapresiasi iktikad baik Bayu untuk memberikan klarifikasinya. ‘’Yang bersangkutan juga menyerahkan beberapa salinan berkas terkait perizinan. Ada yang sudah jadi, ada yang masih dalam proses,’’ ungkapnya.

Arif mengaku bakal memberikan kesempatan kepada pemilik usaha untuk menyelesaikan proses perizinan yang sedang diurus. Sedangkan terkait penghentian usaha sementara, tetap berlanjut hingga masalah perizinan klir. ‘’Tidak akan kami lakukan penyegelan selama pemilik usaha punya iktikad baik memenuhi aturan,’’ tuturnya. (tif/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close