Pemekaran Desa, Ketro Bakal Punya ”Adik” Kertoharjo

126

PACITAN – Lama tenggelam. Wacana pemekaran Desa Ketro, Tulakan, kembali muncul ke permukaan. Pemkab Pacitan berencana melengkapi berkas yang dibutuhkan ke gubernur. Targetnya, akhir tahun ini Kabupaten Pacitan bakal tambah satu desa. ‘’Semoga cepat dimekarkan,’’ kata Kepala Bagian Pemerintahan Setdakab Pacitan  Putatmo Sukandar kemarin (3/3).

Sesuai kajian badan penelitian dan pengembangan daerah (balitbangda), lanjut Putatmo, Desa Ketro layak dimekarkan. Meski jumlah penduduk kurang dari 6.000 sesuai yang disyaratkan PP 17/2018, namun jumlah kepala keluarga (KK) lebih dari 3.000. Sedangkan syarat minimal KK dalam PP tersebut hanya 1.200 per desa. ‘’Dari jumlah penduduk memang kurang, tapi dari KK-nya Ketro layak dimekarkan,’’ ujarnya.

Saat ini pihaknya tengah sibuk mempersiapkan kelengkapan berkas guna pengajuan tersebut. Mulai peta desa, batas, hingga luas wilayah. Itu sebagai persyaratan pemenuhan nomor register pembentukan desa persiapan. Sekaligus penunjukan pejabat sementara (pjs) kepala desa baru. ‘’Prosesnya lama, bisa satu hingga dua tahun. Tapi target kami tahun ini beres,’’ ungkapnya.

Rencananya, desa tersebut bakal dipecah jadi Ketro dan Kertoharjo. Dari 11 dusun bakal dipecah dua. Dusun Sobo Kulon, Sobo Wetan, Gemaharjo, Gemah, Gedangan, masuk Desa Kertoharjo. Sementara, Desa Ketro bakal terdiri dari Dusun Arjosari, Weru, Montongan, Katir, Ketro, serta Dadapan. Dengan 32 RT dan 15 RW untuk Desa Ketro. Serta 24 RT dan 11 RW untuk ”adiknya” Desa Kertoharjo. ‘’Kajian ini juga termasuk jalan desa dan lingkungannya,’’ bebernya.

Menurut Putatmo, pemekaran wilayah bakal berdampak besar pada kedua desa. Terlebih dalam pelayanan administrasi. Pasalnya, luas wilayah Ketro lebih dari 1.800 hektare. Pun dipisah bukit dan lembah, hingga antardusun sulit dijangkau. Dia berharap dengan pemekaran tersebut warga lebih mudah mendapatkan akses pelayanan, seperti kepengurusan administrasi kependudukan. ‘’Ada dusun yang berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo. Jauh dari pusat pemerintahan desanya,’’ pungkasnya. (mg6/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here