KriminalitasMagetan

Pembobol Minimarket Selosari Dibekuk Polisi

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Dua dari empat pelaku pembobol minimarket berjejaring di Jalan Hasanudin, Selosari, Magetan, 13 Juli lalu, tertangkap. Mereka disergap di Wonogiri, Jawa tengah, bersama-sama. ‘’Kami amankan berdasarkan laporan masyarakat. Dua pelaku lain diamankan Polres Madiun Kota,’’ kata Kapolres Magetan AKBP Festo Ari Permana Rabu (29/7).

Keempat pelaku adalah Riadi Fitriyanto, warga Tambakmerang, Girimarto, Wonogiri; Sidiq Maulana dan Asih Wiyono, warga Mundu, Purworejo, Wonogiri; dan Heru Setiyono, warga Kerten, Laweyan, Solo, Jawa Tengah. Mereka semua residivis kasus yang sama.

Modus para pelaku mengontrak rumah atau ngekos di kawasan yang jadi target. Di Magetan mereka ngekos di Ngariboyo. Butuh beberapa bulan untuk berbagi tugas membobol minimarket. ‘’Mereka menggunakan peralatan berupa linggis, congkel, dan bor manual,’’ terang kapolres.

Heru Setiyono bertugas mencari sasaran, Sidiq penjemputan, Riadi dan Asih pembobol dinding dan eksekutor pencurian. Beberapa barang yang masih bisa dijual diurus Heru. ‘’Heru juga membantu Sidiq antar-jemput saat beraksi,’’ bebernya.

Hasil olah TKP, pelaku melubangi dinding belakang toko sekitar 50×40 sentimeter. Pelaku keluar-masuk lewat lubang itu untuk menggasak beberapa slof rokok senilai Rp 21 juta dan barang lain, juga uang dalam brankas. ‘’Total kerugian sekitar Rp 51 juta,’’ ungkapnya.

Polisi mengamankan barang bukti berupa bor, palu, linggis, kikir, sarung tangan, decoder CCTV, dan dua unit Honda Vario untuk melakukan kejahatan.  Pelaku dijerat pasal 363 KUHP terkait pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara. (fat/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close