Pelaku Curanmor Intai Korban sejak di Jalan

424

PONOROGO – Tak butuh waktu lama bagi polisi untuk mencokok dua pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Pencuri Honda Beat di Jalan Barong, Kelurahan Kertosari, Kecamatan Babadan, Senin lalu (11/2) berhasil ditangkap hari itu juga. ‘’Langsung tertangkap malam harinya,’’ kata Kapolsek Babadan AKP Sukamto.

Kedua pelaku, lanjut Sukamto, dibekuk di Wonogiri. Keduanya adalah Adi Ari Wibowo, 29, warga Kecamatan Banyudono, Boyolali; dan Muladi, 33, warga Kecamatan Colomadu, Karanganyar. Selepas melancarkan pencurian, kedua pelaku asal Jawa Tengah itu terdeteksi melarikan diri ke kabupaten perbatasan. ‘’Begitu terlacak, langsung kami terjunkan petugas untuk melakukan pengejaran,’’ ujarnya.

Rupanya, curanmor di Ponorogo itu merupakan aksi pertamanya. Setelah itu, melanjutkan aksinya di Magetan. Sepeda motor hasil curian sempat dilarikan ke tempat persembunyian, namun terciduk razia Polres Magetan. ‘’Setelah itu dicek ke tempat kos di Wonogiri,’’ bebernya.

Setelah tidak dapat menunjukkan surat kelengkapan sepeda motor, polisi melakukan penelusuran ke tempat kos kedua pelaku. Di lokasi, petugas mendapati burung murai yang juga merupakan hasil curian. ‘’Nah, di sanalah kami mendapati Honda Beat putih hasil curian dari Ponorogo,’’ ungkap Sukamto.

Satu pelaku yang mengetahui aksinya diketahui, melarikan diri ke arah Magetan. Satu pelaku langsung diamankan. Petugas langsung melakukan pengejaran. Hanya hitungan jam berhasil mengamankan pelaku. Keduanya lantas diamankan di Polres Magetan. ‘’Sekarang masih menjalani pemeriksaan di Magetan karena di sana banyak melakukan pencurian. Setelah dari sana, lanjut diproses di sini,’’ terangnya.

Di Ponorogo, dua pelaku itu menyasar kendaraan milik Sinta Amelia, 38, warga Kelurahan Kertosari, Babadan. Sepeda motor matik itu disikat saat ditinggalkan sejenak di depan rumah. ‘’Memang korban sudah diintai sejak di jalan. Begitu motor terparkir dan kunci digeletakkan di meja dekat pintu, pelaku langsung gerak cepat,’’ paparnya. (mg7/c1/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here