Pacitan

Pekerja Seni Mati Suri

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Kesulitan ekonomi dikeluhkan pekerja seni selama pandemi. Penghasilan mereka seret. Tersebab kebijakan pembatasan izin keramaian oleh pemerintah.

Ketua Dewan Kesenian Pacitan Endro Wahyudi mengungkapkan, sebetulnya para pekerja seni sudah difasilitasi untuk menggelar pentas virtual sebagai solusi menghadapi situasi saat ini. ‘’Tapi, belum semua bisa tertampung. Karena penyelenggaraan pertunjukan dilarang ada kerumunan,’’ katanya Minggu (6/9).

Kendati demikian, pihaknya meminta para pekerja seni tidak berhenti berkreasi. Sekalipun sulit, tapi mereka harus tetap survive. ‘’Ada ribuan pekerja seni di Pacitan. Tapi, yang rutin komunikasi dengan kami hanya sekitar 25 orang,’’ ungkap Endro.

Bagi pekerja seni, kondisi sekarang merupakan tantangan hidup. Karena itu, mereka harus tetap produktif dalam berkarya. ‘’Tapi memang harus ada perhatian khusus kepada para pekerja seni. Dengan begitu, ke depan eksistensi mereka dapat diakui dan produktif dalam menghasilkan karya,’’ terang Endro. (mg2/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close