Pedagang Pasar Songgolangit, Eks Stasiun, dan Eks Pengadilan Tinggal Pindah

83

PONOROGO – Rencana relokasi pedagang Pasar Songgolangit, Pasar Eks Pengadilan, dan Pasar Eks Stasiun mendekati final. Bahkan, Rabu lalu (10/10) Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM (Perdakum) Ponorogo sudah mengumpulkan sejumlah pedagang tiga pasar tersebut untuk mematangkannya.

Kepala Dinas Perdakum Ponorogo Addin Andhanawarih menjelaskan penataan pedagang menjadi fokus perhatian pemkab. Mereka segera direlokasi ke tempat penampungan sementara di lahan bekas RSUD dr Harjono di Jarakan. ‘’Saya perkirakan (proses) relokasi seminggu sudah selesai,’’ katanya, Kamis (11/10).

Terpenting, lanjut dia, lahan penampungan tersebut sudah siap. Baik dari pembagian zona berdagang, pembangunan lapak, dan fasilitas lainnya. Diperkirakan proses relokasi sudah bisa dilaksanakan November mendatang. ‘’Saat ini sudah memasuki proses lelang,’’ ujarnya.

Sesuai rencana, relokasi pedagang tiga pasar itu diperkirakan menelan anggaran sekitar Rp 7 miliar. Dana itu untuk pembangunan fisik pasar penampungan. ‘’Nanti pembagian lapak pedagang dengan sistem zonasi. Disesuaikan dengan jenis dagangan,’’ jelas Addin.

Addin menyampaikan pihaknya telah mendata pedagang yang bakal direlokasi ke pasar penampungan. Jumlahnya sekitar 1.500 pedagang. Terdiri 306 pedagang Pasar Eks Stasiun, 1.160 pedagang Pasar Songgolangit, dan 300 pedagang Pasar Eks Stasiun. ‘’Daya tampung pasar penampungan mencapai 2.000 pedagang,’’ sebutnya.

Sebagian pedagang sudah menyetor kartu keluarga (KK) dan KTP untuk proses relokasi tersebut. Selanjutnya, mereka akan dipindahkan serentak. ‘’Masih ada sekitar 90 pedagang Pasar Eks Stasiun yang belum bersedia direlokasi. Tapi, kami coba terus lakukan pendekatan supaya mereka bersedia pindah,’’ tuturnya.

Setelah relokasi pedagang selesai, lanjut Addin, revitalisasi Pasar Songgolangit langsung dilaksanakan. Proses pengerjaannya dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Sedangkan, biaya pembangunan diperkirakan mencapai Rp 244 miliar dari APBN. ‘’Tapi, sebelum itu, BPPKAD lebih dulu akan melakukan appraisal terkait pembangunan Pasar Songgolangit,’’ tandasnya. (her/c1/sat)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here