Pedagang Pasar Legi Risaukan Faktor Keamanan

160

PONOROGO – Satu hari lagi. Purna sudah batas waktu pengerjaan proyek pasar sementara. Sesuai ketentuan, provisional hand over (PHO) alias serah terima pekerjaan dijadwalkan besok (29/12).

Pantauan di lahan bekas RSUD Ponorogo kemarin (27/12), pekerjaan tampaknya belum mendekati penuntasan. Perhimpunan Pedagang Pasar Legi Songgolangit yang mulai pengkavlingan sejak empat hari terakhir mendapati sejumlah kekurangan.

Sesuai laporan PT Bumi Lindung per Rabu lalu (26/12), proyek telah menyentuh 90 persen. Namun, di lapangan pedagang melihat pavingisasi masih kurang banyak. Belum termasuk berbagai material dan alat-alat pekerjaan yang juga masih di lokasi. ‘’Paving sisi timur untuk warung juga belum. Alat-alat masih di sini semua,’’ keluh Shenkli Fauzi, sekretaris Perhimpunan Pedagang Pasar Legi Songgolangit.

Fauzi juga mendapati permintaan penutupan sisi barat dan timur belum dipenuhi. Lantaran bangunan pasar sementara terbuka, pedagang khawatir dengan keamanan. Melihat perkembangan terkini di lapangan, Fauzi pesimistis bisa boyongan akhir bulan. ‘’Kemungkinan baru bisa setelah tahun baru. Yang penting, ketika boyongan nanti bagaimana supaya pedagang tidak kepikiran banyak hal,’’ katanya.

Fauzi dan sejumlah perwakilan pedagang kemarin mendatangi lokasi proyek pasar sementara. Mereka mulai mengkavling bedak sesuai denah. Nantinya, seluruh bedak yang telah dikavling menggunakan cat biru itu akan diberi nomor sesuai tempat asal pedagang di Pasar Legi Songgolangit. ‘’Kalau dibilang kurang, ya jelas kurang (luas bedak para pedagang, Red),’’ sebutnya.

Di Pasar Legi, lanjut Fauzi, para pedagang yang menempati bedak besar mendapat luasan 6 meter persegi. Sedangkan yang kecil, 3 meter persegi. Di pasar sementara, ukurannya susut menjadi 2,7 meter persegi. Sementara yang kecil menjadi 1,6 meter persegi. ‘’Dulu sempat ada penolakan, tapi sekarang pedagang mulai memahami karena darurat,’’ terangnya.

Kepala Disperdakum Ponorogo Addin Andanawarih memastikan progres penuntasan proyek pasar sementara sudah bertengger di kisaran progres 94-95 persen. Dia tetap optimistis serah terima pekerjaan dengan PT Bumi Lindung sesuai yang dijadwalkan. Addin pun telah merencanakan sosialisasi relokasi Senin pekan depan (31/12). ‘’Di lapangan, tinggal pavingisasi,’’ sebutnya. (naz/c1/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here