Pedagang Nekat Tinggalkan Lapak di Taman Kota Caruban

148
MELANGGAR: Sebagian pedagang meninggalkan barang dagangan begitu saja di dalam kawasan Taman Kota Mejayan Asti setelah selesai berjualan .

MEJAYAN, Jawa Pos Radar Caruban – Pedagang yang berjualan di kawasan Taman Kota Mejayan Asti tebal telinga. Padahal, mereka sudah mendapat surat pemberitahuan untuk membuka lapak mulai pukul 15.00.

Namun, saat dikunjungi Jumat (20/9), lapak jualan dibuka kurang dari jam operasional yang ditentukan. Bahkan, beberapa di antara mereka kedapatan meninggalkan lapaknya begitu saja ketika sudah tutup. ‘’Sesuai ketentuan memang itu tidak boleh. Selepas berjualan pedagang wajib membersihkan lapaknya,’’ kata Kabid Ruang Terbuka Hijau (RTH) Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Madiun Tjuk Kusumo.

Diungkapkannya, pedagang sudah berulang kali diperingatkan. Namun, mereka tetap saja meninggalkan lapak dagangannya di kawasan taman tersebut. Kondisi itu tentu menghilangkan kesan asri bagi para pengunjung yang datang ke Taman Kota Mejayan Asti. ‘’Kami sempat berikan sanksi penertiban lapak dengan mengangkut lapak mereka untuk kemudian dipindahkan ke tempat lain,’’ ungkap Tjuk.

Dinas perindagkop dan UMKM menyatakan telah mengomunikasikan persoalan itu ke paguyuban. Dengan harapan mereka dapat memfasilitasi lahan untuk menempatkan lapak pedagang setelah selesai berjualan. ‘’Kerapian pedagang dalam berjualan di taman kota sangat penting. Supaya menghilangkan kesan semrawut dan lebih tertata rapi,’’ kata Kabid Perdagangan Disperindagkop dan UMKM Kabupaten Madiun Agus Suyudi.

Dia berharap para pedagang bisa merawat fasilitas di taman tersebut. Misalnya dengan menggelar lapak dagangan secara rapi. Sedangkan, terkait masih adanya sekitar 45 pedagang yang belum masuk dalam anggota paguyuban, Agus masih mempertimbangkannya. ‘’Karena tidak masuk dalam keanggotaan paguyuban, mereka tidak mendapat bantuan sarpras dari kami. Dan, kalau ada yang berjualan di dalam taman, tolong laporkan kepada kami. Nanti akan kami berikan pembinaan dan tindak,’’ ucapnya. (mgc/c1/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here