Pecah Ban Gandengan, Truk Detergen Terguling

261

NGAWI Truk gandeng pengangkut 40 ton detergen terguling di pematang sawah tepi Jalan Raya Ngawi-Mantingan. Membuat kendaraan yang melintasi sekitar tempat kejadian perkara (TKP) macet hingga dua kilometer. Mulai Km 14 hingga 15. Kemacetan berlangsung selama evakuasi pemindahan barang muatan ke truk lain yang terparkir memakan badan jalan. ‘’Kejadiannya tadi malam (23/8),’’ kata Tio Pratama, sopir truk bernasib malang itu, Jumat (24/8).

Selama proses evakuasi barang, awak truk nopol G 1757 BP itu juga mengatur lalu lintas dengan buka-tutup jalur secara manual. Muatan detergen selesai dievakuasi hingga tengah hari, persisnya pukul 17.30. ‘’Dari Surabaya mau disetor ke Sragen. Ini minta tolong sopir lain untuk mengangkutnya ke sana,’’ jelas sopir asal Tegal, Jateng, itu.

Tio mengeluh mesti menangung semua kerugian akibat kecelakaan tunggal tersebut. Mulai ganti rugi produk yang rusak sampai kabel-kabel yang terputus akibat tersangkut bodi truk di sekitar TKP. ‘’Tombok banyak, Mas,’’ ungkapnya.

Sopir 25 tahun itu menceritakan, tergulingnya kendaraan yang dikemudikannya akibat pecah ban belakang gandengan. Membuatnya tak kuasa mengontrol laju kendaraan. Tak pelak, truk gandeng itu oleng ke kiri dan terjerembap ke persawahan. Untungnya, Tio dan kernetnya tidak terluka. ‘’Bak belakang yang jatuh ke sawah. Bak depan masih aman,’’ ujarnya.

Kanit Laka Polres Ngawi Ipda Cipto Utoyo menaksir kerugian dari insiden itu berkisar sepuluhan juta. Usai dimintai keterangan dan dipastikan tak ada yang terluka, awak truk gandeng itu dipersilakan melanjutkan perjalanan. ‘’Seyogianya memeriksa kondisi kendaraan sebelum menempuh perjalanan. Terutama yang mengangkut muatan berat,’’ imbaunya. (mg8/c1/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here