PDIP Raup 209.011 Suara dalam Pemilu 2019

74

NGAWI – PDI Perjuangan (PDIP) memastikan diri sebagai ‘’juara’’ dalam kontestasi Pemilu 2019 di Ngawi tahun ini. Kepastian itu diketahui setelah KPU setempat menetapkan perolehan suara masing-masing partai kemarin (30/4) pasca proses rekapitulasi tingkat kabupaten selesai digelar. Partai berlambang kepala banteng moncong putih itu berhasil meraup 209.011 suara.

Jika melihat hasil perolehan suara pemilu di Ngawi secara keseluruhan, bisa dibilang PDIP menang telak. Pasalnya, jarak antara partai yang juga pemenang pemilu lima tahun lalu itu dengan partai peringkat kedua PKB mencapai hampir 150 ribu suara.

Berdasarkan data yang dirilis KPU setempat, PKB meraih 56.399 suara. Sedangkan Partai Golkar harus puas menempati urutan ketiga dengan perolehan suara 53.398. ‘’Ini sudah final, tidak akan berubah sampai  proses rekapitulasi tingkat nasional selesai Mei nanti. Kecuali, jika nanti ada peserta pemilu yang mengajukan keberatan dan menggugat ke Mahkamah Konstitusi,’’ papar Ketua KPU Ngawi Syamsul Wathoni.

Toni –sapaan Syamsul Wathoni- memastikan tidak ada keberatan lagi dari peserta pemilu di tingkat kabupaten. Sebab, lanjut dia, semua permasalahan, baik terkait proses pemungutan maupun penghitungan suara, sudah diselesaikan di tingkat bawah. Artinya, keberatan dari peserta pemilu sudah diselesaikan sebelum rekapitulasi tingkat kabupaten selesai. ‘’Kalau ada salah hitung dan sebagainya sudah klir di tingkat PPK,’’ ujarnya.

Dijelaskan bahwa proses rekapitulasi perolehan suara hasil Pemilu 2019 tingkat kabupaten yang dijadwalkan selesai tiga hari tuntas sekitar pukul 00.00 kemarin. Meski begitu, diakuinya sempat ada masalah yang harus diselesaikan di tengah proses tersebut. Yakni, keberatan saksi salah satu partai peserta pemilu yang mengharuskan pihaknya melakukan pengecekan ulang perolehan suara. ‘’Saksi minta untuk TPS 12 Desa Tambakboyo, Mantingan, diulang penghitungannya. Cuma itu,’’ tuturnya.

Toni menambahkan, dengan selesainya proses rekapitulasi perolehan suara tingkat kabupaten, secara otomatis semua tahapan pemilu serentak di Ngawi rampung. Selanjutnya, pihaknya bakal melakukan rekapitulasi perolehan suara tingkat provinsi yang dijadwalkan digelar selama lima hari mulai 6 Mei mendatang. (tif/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here