PDIP Pede Raih Kursi Terbanyak

299

MAGETAN – Ada 45 kursi DPRD Magetan yang diperebutkan di seluruh daerah pemilihan (dapil). Namun, PDIP sudah sesumbar bisa meraih kursi terbanyak pada pemilu 2019. Klaim itu berdasarkan penghitungan suara formulir C1 yang dikumpulkan oleh saksi partai di TPS. ‘’Saya mengawal perhitungan berdasarkan formulir C-1 yang kami miliki,’’ kata Ketua DPC PDIP Magetan Sujatno.

Dari hitung-hitungan internalnya tersebut, Sujatno optimistis PDIP bisa kembali berkuasa di parlemen. Sekaligus mempertahankan dominasi mereka sejak pemilu 1999. ‘’Tidak menyebut angka, yang jelas ada tambahan,’’ ungkapnya.

Seperti diketahui, pada pemilu 2014 lalu partai berlambang banteng moncong putih tersebut berhasil mendapat delapan kursi. Sujatno percaya diri mereka yang duduk di parlemen bisa memperoleh kursinya kembali. Hanya, dia enggan membeberkan siapa saja calon legislatif (caleg) yang berpotensi lolos tersebut. ‘’Paling tidak bertahan, bahkan bisa jadi ada tambahan kursi di semua dapil,’’ terangnya.

Sujatno bakal mengumumkan siapa saja caleg yang lolos ke parlemen setelah rekapitulasi di tingkat PPK selesai dilakukan. ‘’Berapapun dapatnya (kursi), kami tetap pemenangnya,’’ sumbarnya.

Diakuinya, konstelasi politik pada pemilu 2019 sangat dinamis. Semua caleg berpotensi lolos. Termasuk dirinya yang maju dari dapil V. Hanya keputusan akhir ada pada KPU. ‘’Pileg kali ini memang berat dan ketat persaingannya,’’ ungkapnya.

Yang jelas, dia menargetkan pada pemilu 2019 partainya bisa mendapat jatah kursi ketua DPRD. Namun, Sujatno enggan berspekulasi siapa calon yang berhak menjabat pimpinan DPRD tersebut. Dia cenderung menyerahkan mekanisme itu ke internal parpol. ‘’Ada proses internal yang harus dilalui. Serta ada skemanya. Saya tidak akan menyebut nama, takutnya besar kepala,’’ ujarnya. (bel/mgc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here