PacitanPolitik

PDIP Calonkan Yudi Sumbogo

Dipasangkan dengan Kader Pilihan PKB

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Konstelasi Pilkada Pacitan kian menghangat menjelang proses pendaftaran calon. Senin (31/8) PDIP menyepakati koalisi dengan PKB. Bahkan, partai berlambang banteng moncong putih itu sudah menentukan bakal calon bupati (bacabup) yang akan diusung. Tak lain Yudi Sumbogo yang kini menjabat sebagai wakil bupati (wabup) Pacitan.

Sesuai rencana, Sumbogo akan dipasangkan dengan bakal calon wakil bupati (bacawabup) pilihan PKB. Hanya, siapa kandidat yang dimaksud masih dalam proses penggodokan. ‘’Kami tidak mau mengintervensi siapa bacawabupnya. Karena itu kewenangan PKB,’’ kata Ketua DPC PDIP Pacitan Eko Setyo Ranu.

Sebelumnya, PKB sudah pernah mengusulkan Isyah Ansori sebagai bacawabup ketika Gagarin belum mendapatkan rekomendasi dari Demokrat. Namun demikian, keputusan itu bisa saja berubah bila melihat perkembangan politik yang ada saat ini. ‘’Kapan diumumkannya masih belum jelas. Yang jelas, kami sudah 100 persen mengusung Yudi Sumbogo sebagai bacabup,’’ tegas wakil ketua DPRD Pacitan itu.

Eko menjelaskan, ada sejumlah alasan pihaknya sengaja mengusung Sumbogo. Selain karena sosoknya yang sudah dikenal publik, Sumbogo juga berambisi untuk membangun Pacitan menjadi lebih baik bersama dengan masyarakat. ‘’Yang bersangkutan juga bersedia melepaskan jabatannya sekarang sebagai wabup dan atribut Demokrat. Karena kami calonkan, dia (Sumbogo, Red) nanti akan mendapatkan KTA PDIP,’’ jelasnya.

Soal anggapan Sumbogo kalah langkah dalam bersosialisasi dibandingkan koalisi besar Aji-Gagarin, Eko mengaku pihaknya tidak risau. Dia tetap yakin bisa menang. Karena hasil pilkada tidak ditentukan di babak awal. ’’Terpenting adalah hasil pilkada,’’ tegasnya.

Terpisah, Sekretaris DPC Partai Demokrat Pacitan Ronny Wahyono enggan menanggapi keputusan Yudi Sumbogo loncat partai demi mendapatkan rekomendasi bacabup. Dia menyerahkan sepenuhnya mekanisme peralihan tersebut kepada partai. (gen/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close