PDIP Buka Pendaftaran Bacabup-Bacawabup

681
TEGAS : Wakabid Tani, DPP PDIP Jatim Dr drs H Marhaen Djumadi, SE SH MH MBA (tengah) didampingi Ketua dan Bapilu DPC Pacitan, Eko Setyoranu (paling kiri) dan Sunyoto Karyawan (paling kanan) memberikan paparan mekanisme pencalonan partai, Rabu (4/9).

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Tahapan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Pacitan 2020 belum dimulai. Namun, DPC PDIP setempat telah membuka pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati. ‘’Pendaftaran dibuka selama sembilan hari,’’ kata Ketua DPC PDIP Pacitan Eko Setyoranu.

Dimulai 5 hingga 14 September mendatang, pukul 08.00-22.00. Terbuka untuk siapa saja. Termasuk di luar kader. Pun dari berbagai latar belakang profesi. Modalnya cukup niat kuat. ‘’Kelengkapan administrasi bisa menyusul,’’ ujarnya.

Pihaknya berharap putra-putri terbaik yang maju melalui PDIP memiliki konsistensi tinggi pada janji politiknya. Pihaknya juga tidak keberatan bakal calon yang mendaftar di PDIP daftar lagi ke partai lain. Sehingga, bisa berkoalisi.

Eko menyebut PDIP memiliki modal enam kursi di DPRD. Keberadaan mereka mampu menjangkau hingga grass root. Tiap kursinya didukung ribuan suara fanatis. ‘’PDI menganut sistem komando. Siapa pun yang direkomendasi DPP, itu yang diperjuangkan,’’ tegasnya.

Pendaftaran atau sekadar konsultasi tidak hanya dilakukan di DPC. Di DPD provinsi atau DPP juga bisa. Gratis, tidak dipungut biaya sepeser pun. ‘’Tidak ada transaksional atau pendaftaran kontrak. Semua gratis,’’ jelasnya.

Verifikasi dan validasi berkas pendaftaran digelar hingga 16 September. Fit and proper test 17 hingga 20 September. Dilanjutkan rapat pleno. ‘’Itu jadi laporan kami ke DPP, hingga muncul rekomendasi DPP,’’ paparnya.

Sehari sebelumnya (4/9), DPC PDIP menggelar rapat koordinasi penjaringan bakal calon. Wakabid Tani DPD PDIP Jatim Dr drs H Marhaen Djumadi SE SH MH MBA yang hadir membacakan Peraturan Partai 24/2017 tentang Mekanisme Pancalonan Bupati dan Wakil Bupati kepada pengurus DPC dan PAC. (odi/c1/sat/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here