Madiun

PAW Tunggu Rekom DPP PKB

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Kursi pimpinan DPRD Kabupaten Madiun yang ditinggalkan Suwandi masih kosong. Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) belum menentukan nama pengganti politikus yang meninggal dunia karena sakit 30 Juni lalu itu.

Sehingga, proses penggantian antarwaktu (PAW) belum diproses oleh sekretariat dewan (setwan). ‘’Rekomendasinya belum turun,’’ kata Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Kabupaten Madiun Nuryanto Minggu (6/9).

DPC mengusulkan tiga nama calon pengganti Suwandi pertengahan Agustus. Ketiga kader diklaim layak dan mumpuni untuk menjadi wakil ketua. Dua hari lalu DPC mem-follow-up pengajuan lewat Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB Jawa Timur tersebut. Hasilnya, DPP meminta sabar menunggu. ‘’Karena masih fokus ke pendaftaran calon pilkada,’’ ujarnya.

Nuryanto menyebut, pihaknya telah melaksanakan tahapan PAW sesuai ketentuan. Akan tetapi, eksekusinya tetap harus menunggu jawaban DPP. ‘’Kemungkinan minggu depan rekom akan keluar. Karena hari ini (kemarin, Red) pendaftaran pilkada selesai,’’ terangnya.

Di sisi lain, kekosongan satu dari empat pimpinan di dewan telah berlangsung selama dua bulan. Sekretaris DPRD Kabupaten Madiun Yudi Hartono mengklaim hal itu tidak memengaruhi kerja wakil rakyat. Segala urusan dan kegiatan tetap berjalan sesuai tata tertib. ‘’Masih ada tiga pimpinan. Keadaan seperti ini (PAW, Red) sudah sering,’’ katanya.

Yudi menyebut, tidak ada batasan waktu mengenai turunnya surat rekomendasi DPP PKB. Kendati demikian, pihaknya intensif berkomunikasi dengan Fraksi PKB. Ketika surat rekom turun, PAW segera diproses. Termasuk dengan PAW keanggotaan dewan. ‘’Pihak KPU (Komisi Pemilihan Umum, Red) juga sudah ke sini untuk koordinasi awal,’’ ungkapnya. (den/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close