Madiun

Patung Gajah Josenan Dapat Ibu Baru

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Gajah di pertigaan Jalan Kalimasodo, Kelurahan Josenan, Taman, bertambah satu. Selama ini, penumpang bus dari Ponorogo yang memasuki kota atau melalui Jalan Raya Geger-Madiun pasti dapat menjumpainya di barat jalan.

Baru-baru ini, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Madiun menambah satu patung dengan ukuran lebih besar, 2,5 x 2 meter. Kehadiran patung baru  itu seolah menjadi ’’ibu’’ bagi patung lama yang lebih kecil.

Kepala Disperkim Soeko Dwi Handiarto menerangkan, awalnya patung berukuran kecil dipindahkan. Seiring pembangunan patung baru, pihaknya menerima masukan dari masyarakat. Sebab, patung gajah berukuran kecil itu telah lama berdiri di daerah tersebut. Di depan kedua gajah itu juga dibangun patung gading setinggi 3,5 meter. ‘’Sekarang patungnya tidak sendirian,’’ cetusnya.

Di sekeliling patung juga ditanami berbagai varian bunga. Untuk melengkapi ruang terbuka hijau (RTH) di kawasan tersebut. Sehingga dapat mempercantik perwajahan kota yang biasa dilewati warga luar kota dari pintu selatan. ‘’Agar kesannya tidak kaku,’’ imbuhnya sembari menyebut pengembangan itu menghabiskan anggaran sekitar Rp 40-an juta.

Patung gajah lama sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Informasi yang dihimpun disperkim, patung lama merupakan pemberian seorang saudagar kaya di kawasan tersebut. ‘’Tapi sejarah pastinya seperti apa, kami kurang begitu paham,’’ ujarnya. (kid/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close