Pasokan Kurang, Telur-Daging Ayam Kompak Naik

52

PACITAN  – Perayaan Natal dan tahun baru (nataru) kali ini tidak terlalu berdampak signifikan pada kenaikan harga komoditas bahan pokok di Pacitan. Harga-harga relatif stabil. ‘’Hanya telur dan daging ayam potong yang naik. Kalau lainnya masih tetap,’’ ungkap Sri Astuti, salah seorang pedagang sembako di Pasar Minulyo Pacitan kemarin (24/12).

Menurut Sri, harga telur naik sejak tiga hari lalu. Dari semula Rp 23 ribu kini naik jadi Rp 25 ribu per kilogram. Meski tak signifikan, namun mempengaruhi permintaan. Tak sedikit konsumen mengeluhkan kenaikan harga tersebut. ‘’Kalau kebutuhan lain seperti beras dan gula masih sama harganya,’’ paparnya

Berkaca dari nataru tahun lalu, dia memprediksi beberapa hari ke depan kenaikan bakal merata di seluruh jenis bahan pokok. Itu seiring semakin tingginya permintaan jelang pergantian tahun. Namun, jika dibandingkan dengan momen Idul Fitri maupun Idul Adha, kenaikan berbeda jauh. ‘’Mungkin nanti seminggu setelah tahun baru akan turun lagi,’’ jelasnya.

Sementara harga daging ayam potong naik signifikan. Dari semula Rp 35 ribu per kilogram kini tembus Rp 45 ribu. Bahkan telah  terjadi sejak sepekan lalu. Minim pasokan dari perternak disebut jadi biang kenaikan harga. Padahal, permintaan naik signifikan beberapa hari terakhir. ‘’Biasanya laku empat sampai enam ekor, dua hari ini sampai sepuluh ekor,’’ terang Yayuk, salah seorang pedagang ayam potong.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pacitan Supomo menilai lumrah kenaikan beberapa jenis kebutuhan pokok jelang hari raya. Pun, lonjakan permintaan yang tak dibarengi pasokan jadi biang naiknya beberapa komoditi. Namun dia memastikan berlangsung perlahan dan tak signifikan. Dia memprediksi kenaikan tidak terlalu berdampak pada ekonomi di Pacitan. ‘’Tak semua naik, hanya beberapa jenis saja,’’ ujarnya.

Pun untuk mengantisipasi adanya lonjakan harga, pihaknya menyiapkan operasi pasar. Pelaksanaannya, menunggu saat yang tepat. ‘’Sudah kita siapkan itu (operasi pasar, Red) namun saat ini belum dilakukan,’’ terangnya. (mg6/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here