Magetan

Pasien Panekan Positif Korona, Keluarga Jalani Swab Test, Kediaman Disterilkan

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Terus bertambahnya jumlah pasien positif Covid-19 menjadi tantangan utama menyongsong new normal. Akhir pekan (6/6), satu warga dari Kecamatan Panekan terkonfirmasi positif.

Semula, warga berjenis kelamin laki-laki itu berstatus pasien dalam pengawasan (PDP). Setelah menjalani swab test statusnya terkonfirmasi positif Covid-19. Pasien ke-85 itu memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta. Sesampainya di Magetan, pasien 48 tahun itu sakit dan sampai sekarang menjalani perawatan intensif di RSUD dr Sayidiman, Magetan. ‘’Kondisinya terus dipantau teman-teman medis,’’ kata Jubir Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Magetan Saif Muchlissun.

Di hari dinyatakan positif, tim gugus tugas bergegas menuju kediaman pasien ke-85 tersebut. Personel Dinas Kesehatan (Dinkes) Magetan dan Puskesmas Panekan mengambil swab keluarga dan kerabat yang pernah berinteraksi dengan pasien. ‘’Juga dilakukan pembatasan di sekitar kediaman pasien,’’ imbuh kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Magetan itu.

Muchlis menyatakan, Jakarta merupakan salah satu klaster penularan Covid-19 di Magetan. Selain dari ibu kota, beberapa pasien di Bumi Ki Mageti memiliki riwayat perjalanan dari Bogor, Surabaya, Solo, Bekasi, dan Madiun. Juga, klaster Temboro yang virusnya dibawa santri yang memiliki perjalanan dari Malaysia. ‘’Setiap kali ada penambahan kasus, kami cepat contact tracing. Supaya tidak muncul klaster baru,’’ ungkapnya.

Tim gugus tugas juga berencana me-rapid test awak media. Jurnalis termasuk orang dengan risiko tinggi tertular virus korona. Dari total 85 pasien, 55 sembuh dan 27 masih dalam perawatan. Tiga pasien lainnya meninggal dunia. ‘’Tingkat kesembuhannya tinggi ketika mendapatkan penanganan yang tepat,’’ pungkasnya. (bel/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close