Madiun

Pasien Covid-19 Kabupaten Disemayamkan di Kota

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Dua anggota keluarga pasien Covid-19 terpaku di luar pagar menyaksikan pemakaman di TPU Klegen, Kartoharjo, Kota Madiun, Senin (28/9). Petugas pemakaman bukan lagi tetangga, melainkan petugas khusus yang menggunakan pakaian alat pelindung diri (APD).

Pasien yang dimakamkan itu berinisial FB, 52, asal Mojopurno, Wungu. Tiga jam sebelum pemakaman sekitar pukul 11.00, sebanyak 12 petugas telah bersiap. Sepuluh orang bertugas mengangkat peti secara bergantian, satu petugas menyemprotkan disinfektan, dan satu lainnya bertugas mengumandangkan azan dan doa. ‘’Setelah memakamkan, seluruh pakaian APD langsung dimusnahkan,’’ kata Atong Suhandoko, komandan Regu Pemakaman BPBD Kota Madiun.

Dalam sekali pemakaman, regu ini menggunakan 12-15 APD dan 520 liter cairan disinfektan. Penyemprotan dilakukan merata hingga jalan sekitar pemakanam. ‘’Jika pemakaman telah selesai, barulah keluarga diperbolehkan takziah,’’ ujarnya.

Sampai kini, satgas telah melakukan sembilan kali pemakaman dengan protokol kesehatan. Yakni, lima pasien positif dan empat probable. Sejauh ini, seluruh pihak keluarga dan masyarakat kooperatif. ‘’Semua dapat memahami situasi. Tidak sampai ada penolakan atau pengambilan paksa,’’ tuturnya.

Atong mengharapkan seluruh masyarakat dapat bersikap terbuka. Butuh kebesaran hati di masa pandemi ini. Siapa pun bisa terjangkit virus korona, bahkan sampai meninggal dunia. Jangan sampai mengucilkan pasien maupun keluarga yang terjangkit. ‘’Ini merupakan peristiwa kemanusiaan,’’ sebutnya. (mg3/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close