Pascapenutupan Warung Malang, Pemkab Bantu Mediasi dengan Pemprov

29

MAGETAN – Sejumlah solusi sudah disiapkan Pemkab Magetan pascapenutupan Warung Malang. Salah satunya memediasi antara pemilik warung dengan Pemprov Jatim. ‘’Kami akan memfasilitasi para pemilik warung itu,’’ terang Bupati Magetan Suprawoto.

Dalam posisi ini pemkab hanya sebagai pihak perantara. Karena para pemilik warung itu menempatkan bangunan semi permanen mereka di atas aset provinsi. Dengan demikian, sepenuhnya kelanjutan nasib para pemilik warung itu merupakan wewenang pemprov.

Yang jelas, menurutnya, keberadaan warung Malang itu sudah semestinya ditutup. Serta aktivitas yang ada warung tersebut harus dihentikan. Sebab, sebagian di antara mereka menjalankan usahanya menyimpang dari aturan yang berlaku.

Misalnya, mendirikan bangunan di atas aset provinsi tanpa dilengkapi dengan izin rekomendasi. Serta, beberapa warung kedapatan menyediakan minuman keras (miras). ‘’Saya ini sebagai bupati hanya manusia biasa. Itu rakyat kami, tidak mungkin kalau tidak melanggar, kami sampai bertindak,’’ ungkap kepala daerah yang akrab disapa Kang Woto itu.

Dia menambahkan penutupan warung itu juga atas desakan masyarakat. Karena dinilai sebagai tempat praktik prostitusi terselubung. ‘’Saya kan bertindak atas desakan masyarakat. Satpol pp dikejar-kejar masyarakat kapan ditutup,’’ terang mantan sekjen kementerian kominfo tersebut.

Seharusnya, kata Kang Woto, para pemilik warung itu bisa menjalankan usahanya sesuai dengan ketentuan. Bukan malah menyimpang dari norma agama. Untuk itu, dia berharap penutupan warung Malang bisa menjadi titik balik bagi pengusaha sejenis di lain tempat. ‘’Golek pangan jangan yang melanggar (aturan, red),’’ tuturnya.

Sementara itu, Kasatpol PP dan Damkar Magetan Chanif Tri Wahyudi tak menampik adanya sikap preventif yang bakal ditempuh oleh warga setempat apabila belum ada tindakan dari pemkab terkait penutupan warung Malang. ‘’Kami akan mengeksekusi, kebijakan selanjutnya menjadi wewenang pak bupati,’’ jelasnya. (bel/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here