Pasar Murah Tekan Gejolak Harga

15

MAGETAN – Gejolak harga bahan pokok di sejumlah pasar tradisional coba ditekan oleh Pemkab Magetan. Salah satunya lewat program pasar murah. ‘’Jadi dalam agenda event pasar murah kali ini, kami hanya fokuskan pada wilayah yang kebanyakan masyarakat berpenghasilan cukup,’’ kata Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Magetan, Sucipto.

Dia menambahkan lokasi pasar murah tentatif. Tidak hanya terpusat pada satu wilayah saja. Namun, berpindah-indah sesuai dengan kebutuhan. ‘’Kegiatan ini merupakan langkah pemkab untuk menghindari ketimpangan sosial antarwarga,’’ ungkapnya.

Titik fokus pasar murah bakal dipusatkan di sejumlah wilayah yang berada di lereng Gunung Lawu. Pertimbangannya karena sebagian masyarakat di wilayah tersebut bekerja sebagai petani sayur. ‘’Lokasi yang sesuai di Desa Jabung, Panekan,’’ kata Sucipto.

Ada sejumlah bahan pokok yang bisa didapat warga dengan harga miring dalam operasi pasar murah tersebut. Di antaranya, daging, telur, beras, minyak goreng yang disuplai oleh dinas pertanian dan peternakan.

Untuk meminimalisasi terjadinya salah sasaran penjualan operasi pasar murah, Sucipto mengaku sudah memberlakukan sistem kupon. Di mana kupon itu nantinya diberikan kepada warga yang berhak mendapatkan. ‘’Kupon akan kami bagi dua hari sebelum pelaksanaan oleh pemerintah desa setempat,’’ ujarnya. (mgc/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here