Pasar Murah Pemkab Bantu Tekan Inflasi

46

MAGETAN – Melonjaknya harga sejumlah bahan pokok menjelang Lebaran coba ditekan oleh Disperindag Magetan. Salah satunya lewat program pasar murah seperti yang digelar di Desa Bedagung, Panekan Selasa (28/5).

Wakil Bupati Magetan Nanik Endang Rusminiarti berharap keberadaan pasar murah itu bisa membantu masyarakat untuk mencukupi kebutuhan pokok dengan harga terjangkau. Sekaligus untuk menjaga stabilitas stok bahan pokok tertentu. ‘’Karena menjelang Lebaran biasanya terjadi lonjakan harga,’’ katanya.

Total ada sebanyak 2.353 kupon yang disediakan disperindag bagi warga. Selanjutnya kupon itu dapat ditukarkan untuk membeli kebutuhan pokok yang telah disubsidi. Seperti beras, daging, telur, gula, minyak goreng, bumbu dapur, mie instan, dan sirup. ‘’Supaya masyarakat berpenghasilan rendah bisa membeli sembako dengan harga rendah,’’ terang Plt Kepala Disperindag Magetan, Sucipto.

Adapun komoditi yang disubsidi adalah beras IR 64 super 5 kilogram yang dijual dengan harga Rp 37.500. Kemudian minyak goreng 1 liter dibanderol Rp  10.000. Gula pasir Rp 10.500 per kilogramnya, serta telur ayam hanya Rp 14.000 per kilogram. ‘’Subsidi itu diharapkan bisa membuat masyarakat mendapatkan kebutuhan pokok saat Lebaran dengan harga yang sesuai,’’ ujar Sucipto.

Dalam kegiatan pasar murah itu, selain disperindag melibatkan, dinas tanaman pangan HPKP, disnakkan, dinas koperasi dan UM, PKK serta GOW Magetan. (ebo/bel/her/adv)=

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here