Pasang Double Track, Jalan Basuki Rahmat Ditutup Dua Hari

165

MADIUN – Penerapan rekayasa lalu lintas (lalin) diberlakukan Satlantas Polres Madiun Kota di pintu perlintasan kereta api 136, Kelurahan Sukosari, Kartoharjo, kemarin (25/3). Rekayasa tersebut diterapkan karena adanya pekerjaan pemasangan jalur ganda (double track) oleh PT Nindya Karya di kawasan jalur Basuki Rahmat tersebut.

Tanda-tanda penerapan bakal dilakukan ialah dipasangnya papan peringatan pengalihan arus lalin di dekat Puskesmas Oro-Oro Ombo. Serta sesudah kantor Kelurahan Oro-Oro Ombo. ‘’Penutupan diberlakukan mulai pukul 22.00,’’ kata Kasatlantas Polres Madiun Kota AKP Affan Priyo Wicaksono.

Dengan demikian, kendaraan roda empat atau lebih yang berasal dari Surabaya bakal dialihkan jalurnya sejak mulai Perempatan Nglames ke Jalan Yos Sudarso lalu masuk kota. Kemudian bablas melalui Jalan Pahlawan—Jalan Cokroaminoto—Jalan Trunojoyo—Jalan Soekarno-Hatta.

Sebaliknya, kendaraan yang dari arah Ponorogo langsung bablas via Jalan Soekarno-Hatta terus ke Jalan Trunojoyo. Lalu, belok kiri melalui Jalan Mayjen Sungkono-Jalan Ahmad Yani serta Jalan Pahlawan dan Jalan Yos Sudarso. Sedangkan, khusus kendaraan roda dua dapat melintas di jalan-jalan lingkungan.

Hanya, Affan tidak tahu sampai kapan rekayasa lalin itu diberlakukan. Yang pasti, kebijakan tersebut berlaku setidaknya sampai pekerjaan pemasangan jalur ganda di pintu perlintasan kereta api Sukosari selesai. Informasi awal, dua hari rampung. ‘’Nanti ada papan imbauan yang disebar di beberapa titik sebagai tanda bagi pengguna jalan,’’ ujarnya.

Affan mengungkapkan, untuk jangka panjang pihaknya mendorong pemerintah membangun jembatan layang (flyover) di ruas Jalan Basuki Rahmat-Jalan S. Parman tersebut. Karena diperkirakan volume kemacetan kendaraan bakal meningkat seiring dibangunnya jalur ganda oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). ’’Perlu ada pembicaraan lebih lanjut dengan para pemangku kebijakan di tingkat pusat untuk mengatasi persoalan kemungkinan terjadinya kemacetan di ruas tersebut,’’ tandasnya. (her/c1/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here