Parpol Daftar Mepet, Verifikasi Terancam Molor

84

MAGETAN – Langkah partai politik (parpol) mendaftar pada menit-menit akhir membuat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Magetan kelimpungan. Pasalnya, mereka hanya memiliki waktu sehari untuk memverifikasi berkas pendaftaran. Sesuai tahapan pemilihan anggota DPRD 2019, semua dokumen bakal calon legislatif (bacaleg) itu harus rampung terverifikasi kemarin (18/7).

Pantauan Radar Magetan, hingga pukul 15.00 kemarin berkas bacaleg dari satu parpol belum kelar diverifikasi. Para staf KPU tampak sibuk di ruang sekretariat pendaftaran. Berkas para bacaleg itu pun terlihat menumpuk di meja. Sebagian dimasukkan dalam boks. ‘’Karena semua parpol mendaftar pada hari terakhir pendaftaran, jadinya seperti ini,’’ kata Komisioner Divisi Perencanaan dan Data KPU Magetan Nur Salam.

Salam mengatakan, verifikasi berkas bacaleg itu seharusnya dilakukan mulai 5 Juli lalu. Namun, pada hari kedua pendaftaran itu tak satu pun parpol yang datang ke kantor KPU untuk mendaftar. ‘’Bisa tidak bisa, hari ini (kemarin, Red) harus selesai,’’ tegasnya.

Dia menyebut, hari ini hasil verifikasi administrasi harus disampaikan kepada semua parpol. Jika verifikasi berkas pendaftaran bacaleg belum rampung, otomatis penyampaian hasilnya juga molor. Meski, deadline-nya hingga 21 Juli mendatang. Dari hasil penyampaian itu, lanjut Salam, bacaleg diberi kesempatan untuk memperbaiki jika ada berkas yang kurang atau salah. ‘’Waktunya mulai 22 sampai 31 Juli,’’ ungkapnya.

Hasil perbaikan itu, kata dia, masih harus diverifikasi lagi. Jadwalnya 1—7 Agustus mendatang. Dari tahapan itu bisa diketahui bacaleg yang gagal dalam pencalonan. Yakni, mereka yang berkasnya dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS).

Sedangkan bagi bacaleg yang dinyatakan memenuhi syarat (MS), mereka bisa melaju untuk ditetapkan sebagai daftar calon sementara (DCS) pada 12 Agustus mendatang. ‘’Memenuhi syarat atau tidak, itu urusan belakangan. Yang penting bukti fisik ada dulu untuk mendaftar,’’ terang Salam.

Dalam pendaftaran kemarin, dari 16 parpol yang eksis di Magetan hanya Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) yang tidak tampak batang hidungnya. Sebelum pendaftaran ditutup, pihak KPU berusaha mengonfirmasi absennya kedua parpol tersebut. ‘’Tapi, sampai pukul 00.00 tidak hadir,’’ imbuhnya.

Dalam pendaftaran bacaleg, tidak semua parpol memenuhi kuota 100 persen dari kursi. Bahkan, dua parpol yaitu Partai Garuda dan Partai Bulan Bintang (PBB) hanya mendaftarkan dua bacaleg. Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendaftarkan empat bacaleg, Partai Perindo 19, Partai Berkarya 31, PKS 35, Partai Hanura 37, dan PKB 44. Sementara, Partai Nasdem, Gerindra, PDIP, Golkar, dan Demokrat masing-masing 45 bacaleg. (bel/c1/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here