Magetan

Parade Surya Senja Perdana Sukses Digelar meski Persiapan Terbatas

KOTA, Jawa Pos Radar Magetan – Angan-angan Bupati Suprawoto menduplikasi tradisi Istana Buckingham, London, Inggris, lewat Parade Surya Senja terlaksana. Kamis (17/10) SMPN 1 Magetan dipercaya pelaksana perdana upacara penurunan bendera merah putih di lapangan alun-alun Magetan saat sore itu. ‘’Lega karena bisa sukses,’’ kata Waka Kesiswaan SMPN 1 Magetan Edi Pria Hastoni.

Sebelum upacara, sebanyak 25 siswa membawakan tari remong khas Jawa Timur. Juga aksi teatrikal bertajuk Bakti sang Generasi untuk Bumi Mageti. Setelah sang saka diturunkan, seluruh peserta upacara melakukan senam maumere bersama. Terlepas pelaksanaannya yang sukses, persiapannya terbatas hanya tiga hari. ‘’Ya untungnya ada siswa ikut ekstrakurikuler tari untuk menampilkan tari remong,’’ ujarnya.

Kang Woto –sapaan Bupati Suprawoto– takjub dengan pelaksanaan perdana Parade Surya Senja. Sebab, di luar ekspektasi dari awalnya hanya ingin pentas sederhana. Seperti seluruh siswa dan guru yang dilibatkan. Mereka menampilkan kesenian dan mengenakan pakaian adat nusantara. ‘’Saya yakin muncul dari kesadaran mereka,’’ kata Kang Woto.

Dia meminta tradisi saban Kamis menjelang temaram itu menjadi tradisi. Badan kesatuan bangsa dan politik (bakesbangpol) sebagai leader serta dinas pendidikan, pemuda, dan olahraga (disdikpora) eksekutor. Pelajar SMP sangat ideal untuk mulai menanamkan nilai Pancasila. ‘’Harus ditanamkan sedini mungkin,’’ tegasnya.

Kadisdikpora Magetan Suwata mengatakan bahwa petugas upacara bakal terjadwal. Pesertanya bukan satuan pendidikan wilayah kota, tapi juga kecamatan di sekitarnya. Tidak menutup kemungkinan akan melibatkan siswa SD. ‘’Tapi nantinya digabung,’’ katanya. (bel/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close