Pantai Pangasan Tawarkan Barisan Bebatuan

54

PACITAN – Keindahan pantai membentang sepanjang 70 kilometer di selatan Pacitan. Mulai dari ujung barat wilayah Kecamatan Donorojo hingga ujung timur Kecamatan Sudimoro. Nyaris semua layak jadi destinasi wisata. Salah satunya, Pantai Pangasan di Dusun Pruwu, Kalipelus, Kebonagung. Meski agak sulit dicapai, pantai dengan bebatuan besar dan pasir hitam itu menyimpan keindahan tersendiri.

Pantai yang masih perawan ini layak jadi pelepas penat dari rutinitas sehar-hari. Meski tak segemelap Panta Klayar atau Watukarung, keelokan Pantai Pangasan layak disandingkan dengan pantai terbaik di Pacitan itu. ‘’Akses jalan menuju sudah mulus setelah dibangun awal tahun lalu,’’ ujar Sutrisno, salah seorang warga setempat.

Bebatuan berdiameter lebih dari lima meter jadi andalan. Bebatuan besar itu berjajar sepanjang 20 meter di garis pantai. Total ratusan batu menantang siapa pun untuk mendaki. Inilah keunikan Pantai Pangasan yang tidak didominasi pasir putih. ‘’Justru ini (batu besar, Red) yang jadi ikon dan gak ada di pantai lain,’’ ungkap pria yang acap memandu para wisatawan ini.

Tak hanya ukurannya yang jumbo. Bentuknya juga unik dan menarik. Ada  yang lonjong mirip gunung kecil di tengah laut. Batu ini acap dijadikan latar belakang foto para wisatawan. Pun sepoi angin pantai menambah kesan menenangkan. ‘’Ada yang bilang kalau belum foto dengan batu besar itu, belum sampai ke Pangasan,’’ tuturnya.

Sayangnya, akses jalur mulus hanya sampai di perkampungan warga. Kendaraan roda dua maupun empat wajib diparkir. Selanjutnya, para pengunjung harus  berjalan kaki sekitar 300 meter untuk sampai di lokasi pantai. Meski lumayan melelahkan,  namun bakal terbayar lunas dengan keindahan pemandangannya.

Hamparan sawah di kanan kiri setapak menuju pantai juga sanggup mengobati rasa lelah. Untuk sampai ke pantai ini dari puat kota Pacitan hanya butuh 30 menit perjalanan. Sejumlah petunjuk arah siap mengantar ke lokasi. ‘’Sering dikunjungi, kadang juga untuk lokasi foto prewedding atau syuting film dokumenter,’’ pungkas Trisno. (gen/sat)

1 COMMENT

  1. Mohon izin admid,Pantai Pangasan terletak tepatnya di Dusun Batulapak (Bukan dusun Pruwo sebagai mana yang tertulis diatas).Desa Kalipelus,kec.Kebonagung,Kap.Pacitan.
    Perjalanan sekitar 45 minit dari pusat Kota Pacitan.
    Terimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here