Pantai Buyutan Bikin FASI Jatim Kepincut

79

PACITAN –  Pantai Buyutan di Desa Widoro, Donorejo, Pacitan, jadi spot landing olahraga paralayang. Lokasi ini dipilih bukan hanya karena spotnya bagus. ‘’Tapi juga memanfaatkan angin laut atau pantai yang cenderung stabil,’’ kata Ridwan Asnan, instruktur paralayang Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Jatim, kemarin (21/4).

Bahkan, Pantai Buyutan termasuk salah satu lokasi kejuaraan Paralayang bertajuk Liga Jatim di enam lokasi yang rencananya digelar awal Mei mendatang. Pantai Buyutan memiliki tebing lapang yang cocok untuk landing. Selain Pacitan, kegiatan tersebut digelar di Tulungagung, Malang, Tuban, dan Ponorogo. ‘’Kejuaraan tingkat provinsi ini untuk usia 14 tahun ke atas,’’ tambahnya.

Abah, sapaan Ridwan Asnan, sudah kali kedua ke Pantai Buyutan. Dia memang sedang mencari spot paralayang di Pacitan bersama FASI setempat. Dalam dua kali uji coba penerbangan, tidak semua berjalan mulus. Salah seorang penerbang gagal mendarat sempurna akibat gagal mengendalikan paralayangnya.  Beruntung tidak berakibat fatal. ‘’Karena kondisi angin,’’ tuturnya.

Kegiatan penerbangan sebelumnya, Februari lalu, sejumlah pejabat pun terlibat. Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo dan Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Dispaspora) Pacitan Endang Sujarsi sempat merasakan terbang dengan paralayang. Rencananya, olahraga ekstrem tersebut akan ditawarkan sebagai pesona wisata baru di Pacitan. ‘’Rencananya akan dibuka untuk umum,’’ imbuhnya. (odi/c1/sat)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here