Pamor Tinju Ngawi Naik Daun

95

OLAHRAGA tinju di Ngawi mengalami pasang surut prestasi. Setelah hampir satu dekade lamanya ditelan bumi, kini olahraga adu jotos tersebut kembali menggeliat. Dibuktikan dengan munculnya beberapa atlet baru yang potensial. ‘’Tinju amatir disini bukan cuma menjadi andalan Ngawi sekarang, tapi juga sebagai barometer di Jatim,’’ kata Ketua Pertina Ngawi Mokh. Sodiq Triwidiyanto kemarin (23/3).

Diakuinya, perkembangan tinju di Ngawi sudah ada sejak dulu. Bahkan, Sodiq sendiri adalah mantan petinju. Hanya capaian prestasinya ibarat roller coaster, naik turun. Namun, kini dirinya bertekad untuk mendorong kembalinya tinju sebagai olahraga unggulan di Ngawi selain sepak bola.

Proses penjaringan atlet dilakukan hingga ke tingkat sekolah. Agar supaya ke depannya ada pembinaan secara berjenjang. ‘’Memang sulit di awal, tapi tekad kami waktu itu cuma bagaimana cara membangkitkan cabor (cabang olahraga) ini,’’ ungkap Sodiq.

Kerja keras Pertina baru membuahkan hasil beberapa tahun terakhir. Sejumlah kejuaran digelar di Ngawi. Tentunya sebagai pemompa semangat atlet agar bisa berprestasi. ‘’Semangat itu yang terus kami pegang sampai sekarang, sehingga banyak atlet yang berprestasi,’’ terangnya.

Kendati demikian, persoalan pelik sedang dihadapi Pertina Ngawi. Sampai saat ini mereka belum mempunyai tempat latihan sendiri. Sementara para atlet masih nebeng latihan di Sasana Soerjo yang jadi satu dengan kantor Disparpora Ngawi. ‘’Tapi, itu bukan menjadi kendala berarti. Kabar baiknya, pemkab memiliki komitmen tinggi di bidang olahraga termasuk tinju amatir,’’ kata Sodiq. (den/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here