Pameran Alutsista TNI 2018 Memukau

98

MADIUN – Pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI 2018 in action. Sirine yang dibunyikan Danlanud Iswahjudi Marsma TNI Samsul Rizal bersama jajaran forkopimda menandai dibukanya event tersebut Jumat sore (5/10). Beragam alutsista mutakhir yang dimiliki satuan TNI-Polri dipamerkan kepada masyarakat. Pun, berbagai produk unggul dari Kota/Kabupaten Madiun. ’’Kami harapkan melalui pameran ini bisa menyampaikan pertanggungjawaban TNI kepada masyarakat,’’ kata Samsul.

Pameran Alutsista TNI 2018 dibuka kemarin sore pukul 15.00. Masyarakat rupanya memadati alun-alun Kota Madiun sejak siang. Berjam-jam menunggu, masyarakat dipuaskan oleh berbagai demo ketangkasan dari TNI. Mulai tarian yang disuguhkan personel Wara, Reyog Mini Singo Dirgantoro, drumben SMK Penerbangan Angkasa Iwj, serta unjuk ketangkasan bela diri Yongmoodo 511. ’’Berbagai satuan dari TNI-AD, AU, dan Polri ikut memamerkan alutsistanya, terutama dari sekitaran eks Karesidenan Madiun,’’ bebernya.

Usai membuka pameran, Samsul dan rombongan forkopimda meninjau ke berbagai stan pameran. Tampak Wali Kota Madiun Sugeng Rismiyanto (SR) dan Bupati Madiun Ahmad Damawi ’’Kaji Mbing’’ terpukau dengan berbagai persenjataan TNI yang dipamerkan di berbagai stan.

Beragam alutsista mutakhir milik TNI kini memang tengah mejeng di alun-alun sampai Minggu esok (7/10). Dari pihak TNI-AU misalnya. Mereka khusus mendatangkan pesawat Bravo LM 2028 dari Skadron Teknik 042. Tak hanya itu, berbagai alutsista lain seperti kendaraan taktis (rantis) ikut dipamerkan. Pun, Samsul mengajak serta sejumlah pilot jet tempur andalannya untuk berbagi ilmu kepada siapa pun yang mengunjungi pameran tersebut.

’’Banyak senjata kami tampilkan. Termasuk beberapa rantis yang dimiliki berbagai satuan,’’ ujarnya. ‘’Lokasinya sengaja kami pilih di alun-alun agar mudah diakses masyarakat. Karena alun-alun menjadi titik masyarakat untuk berkumpul,’’ imbuh perwira tinggi yang akan segera promosi sebagai Kas Koopsau 1 itu.

Menurut Samsul, event tiga hari itu digelar untuk memperingati HUT ke-73 TNI. Di Jatim, hanya Madiun dan Malang yang ditunjuk oleh Mabes TNI untuk menyelenggarakan pameran alutsista tersebut. Samsul berharap, pameran alutsista dapat menjadi sarana edukasi sekaligus mengenalkan seluk beluk TNI dan Polri kepada masyarakat. ’’Juga untuk menunjukkan sinergitas antara TNI, Polri, dan pemerintah daerah,’’ terang Samsul. (naz/c1/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here