AdvertorialPacitan

Pak In Pastikan Pilkades Serentak di Pacitan Sukses

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Bupati Pacitan Indartato tidak ingin melewatkan gelaran pemilihan kepala desa (pilkades) serentak begitu saja. Orang nomor satu di Pemkab Pacitan itu turun gunung melihat proses coblosan bersama jajaran forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda). ‘’Partisipasi warga luar biasa. Itu menandakan mereka ingin menjadikan kepala desa terbaik untuk rakyatnya,’’ ujarnya di sela kunjungan ke tempat pemungutan suara (TPS) Desa Sambong Senin (14/10).

Menurut Pak In, sapaan Bupati Indartato, tingkat partisipasi penting. Karena jadi indikator tingginya kesadaran masyarakat dalam berdemokrasi. Targetnya, angka partisipasi pemilih dalam pilkades serentak tahun ini 90 persen. Namun, untuk menggenapinya, terdapat sejumlah kendala. ‘’Di antaranya kondisi medan maupun jarak yang jauh,’’ katanya.

Kendala tersebut jadi bahan evaluasi untuk gelaran pilkades serentak berikutnya. Pak In mempertimbangkan kemungkinan penambahan jumlah TPS meski sebenarnya TPS terpusat meningkatkan persatuan dan kesatuan warga.

Pak In pun berterima kasih kepada panitia pilkades. Pasalnya, mereka cekatan. Bagi desa yang terkendala kondisi medan dan jarak yang jauh, panitia mengantisipasi dengan pengadaan kendaraan angkutan gratis untuk antar-jemput pemilih. ‘’Dengan inisiatif panitia pilkades, partisipasi pemilih semakin baik,’’ tegasnya.

Berdasarkan hasil peninjauannya, Pak In memastikan pelaksanaan pilkades lancar. Persiapan panitia pun matang. Seluruh petugas, baik keamanan maupun panitia pemilihan, bekerja maksimal menjalankan tugas masing-masing. Pemilih pun tidak kesulitan mulai pendaftaran hingga keluar dari bilik suara. ‘’Terima kasih, mudah-mudahan jadi modal untuk menghasilkan pemimpin yang diharapkan warganya,’’ ucap Pak In.

Sebagian besar desa penyelenggara pilkades di 12 kecamatan dikunjungi timnya. Pak In berbagi tugas dengan Wakil Bupati Yudi Sumbogo dan jajaran forkopimda lainnya. Pun organisasi perangkat daerah (OPD). Masing-masing memantau pelaksanaan pilkades serentak. Sedangkan Pak In mengunjungi enam lokasi. Selain Desa Sambong juga Desa Ponggok, Semanten, Widoro, Nanggungan, dan Sirnoboyo. ‘’Kepada para calon, siapa yang menang jangan sombong, yang kalah jangan sakit hati. Ini adalah pilihan yang harus dijalani,’’ tegasnya. (odi/c1/sat/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close