Magetan

Pajang Foto Ulama-Umara Korban PKI

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Soco

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Tak ada upacara Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Soco, Bendo, Kamis (1/10). Hanya foto-foto para syuhada korban keganasan PKI yang dipajang. Selain para pahlawan revolusi, ada empat tokoh asal Magetan yang jadi korban. ‘’Kebetulan kami baru mendapatkan foto-fotonya tahun ini,’’ kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Magetan Iswahjudi Yulianto.

Dua dari kalangan ulama, yakni Kiai Imam Mursyid Muttaqien, pendiri PSM Magetan, dan Kiai Ahad Sulaiman Zuhdi, pendiri Ponpes At Tohirin Mojopurno, Magetan. Juga dua umara, Kapolres Magetan (1947-1948) AKP Ismiadi dan Bupati Magetan (1946-1948) Sudibjo. ‘’Tahun sebelumnya hanya pahlawan revolusi yang dipajang saat hari peringatan,’’ ujarnya.

Pihaknya belum mendapatkan foto salah satu jaksa yang juga jadi korban PKI. Pihaknya akan koordinasi dengan kejaksaan untuk diduplikasi dan dipajang setiap Hari Kesaktian Pancasila. ‘’Pencarian foto-foto lawas tidak mudah, tidak semua instansi atau pejabat terkait menyimpannya,’’ sebutnya.

Menurut Yuli, 108 korban pembantaian PKI dikubur di sebuah sumur di Desa Soco, yang kini dibangun monumen itu. Namun, hanya 67 yang dikenal dan diukir di prasasti Monumen Soco. Tidak semua ulama, tokoh, atau pejabat. ‘’Sehingga, kami fokus mencari foto para pejabat atau ulama,’’ katanya.

Foto-foto tersebut dipajang bersamaan ziarah peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Pun di Monumen Soco 1 dan 2 saja, tanpa melibatkan banyak peserta. Hanya jajaran forkompimda dan tokoh masyarakat setempat. Apalagi, Soco masuk zona merah Covid-19. ‘’Sesuai arahan Gugus Covid-19, kami hanya boleh ziarah di Monumen Soco,’’ terangnya. (fat/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close