Padepokan Kampung Pesilat Digelontor Rp 4,4 Miliar

1959
PROYEK LANJUTAN: Sejumlah dump truck keluar masuk kawasan Padepokan Madiun Kampung Pesilat Jumat (20/9).

MEJAYAN, Jawa Pos Radar Caruban – Pembangunan Padepokan Madiun Kampung Pesilat dilanjutkan tahun ini. Pemkab menggelontorkan anggaran Rp 4,4 miliar untuk menuntaskan gedung bakal sekretariat 14 perguruan silat itu. Proyek lanjutan ini dikerjakan CV Delta Mitra Adipura (DMA) Sidoarjo selaku rekanan pelaksana.

Persentase pekerjaannya mencapai sekitar 20 persen. Itu setelah 2,5 bulan sejak tanda tangan kontrak Juli lalu. ‘’Progresnya sudah bagus,’’ kata Kabid Tata Ruang dan Bangunan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Madiun Gunawi Jumat (20/9).

Gunawi menyebut, proyek tahun ini tahap akhir sejak dikerjakan tahun lalu. Sebelumnya fokus pada bangunan utama. Kali ini fasilitas pelengkap. Di antaranya pagar keliling dan pavingisasi. Juga toilet, tempat parkir, dan pos terpadu di ujung utara kompleks tersebut. ‘’Pos terpadu berukuran 7×5 meter untuk titik kumpul petugas keamanan ketika ada event,’’ ujarnya.

Sejumlah dump truck pengangkut tanah uruk keluar masuk kawasan proyek. Material diturunkan di sekeliling bangunan utama seluas setengah hektare tersebut. Selanjutnya diratakan buldozer. Puluhan pekerja sibuk menyiapkan material tambahan. ‘’Yakin selesai tepat waktu,’’ ucap Gunawi.

Tanpa menunggu pembangunan lanjutan, gedung sebetulnya sudah bisa digunakan sejak awal tahun ini. Hanya, kurang nyaman karena belum tersedia fasilitas parkir. Termasuk mebeler di bangunan utama. ‘’Pengadaan mebeler di luar dana pembangunan ini. Ranahnya bagian perlengkapan,’’ ungkapnya.

Jika diakumulasi, pemkab merogoh duit hingga Rp 12,7 miliar untuk membangun gedung ikon kabupaten ini. Bujet tahun lalu dua kali lipat dari tahun ini, yakni Rp 8,3 miliar. PT Cipta Prima Selaras (CPS), rekanan pelaksananya kala itu, membangun gedung yang terdiri 12 ruangan dan satu aula utama. ‘’Tempat diskusi dan berkumpulnya teman-teman perguruan silat,’’ ujar Gunawi. (cor/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here