Pacitan Tak Terpapar Isu Kiamat Sudah Dekat

84

PACITAN – Isu kiamat sudah dekat membuat puluhan warga Desa Watubonang, Badegan, Ponorogo, hijrah ke Malang. Pun sejumlah warga di kabupaten Ngawi. Namun, Pacitan yang bertetangga dekat dengan Ponorogo justru adem ayem. Badan kesatuan bangsa dan politik (bakesbangpol) setempat mengklaim tidak ada warganya yang boyongan ke Malang. ‘’Pacitan tidak terpapar (isu kiamat, Red),’’ klaim Kepala Bakesbangpol Pacitan Suhariyanto kemarin (21/3).

Klaim tersebut diperolah dari hasil investigasi anggota intelijen internal bakesbangpol. Pun informasi dari unsur tiga pilar desa. Yakni, kepala desa, babinkamtibmas, dan babinsa. Pantauan tersebut dilakukan sejak isu tersebut merebak di Ponorogo. ‘’Setelah muncul isu tersebut, kami melakukan deteksi melalui intelijen dan unsur tiga pilar,’’ ujarnya.

Suhariyanto menganggap efek isu kiamat sudah dekat tersebut luar biasa. Buktinya, warga Ponorogo sampai menjual tanah, rumah, dan perabotan yang dimilikinya dengan harga murah. Untuk itu, dia pun meminta warga tidak mudah percaya. ‘’Jangan mudah percaya dengan kabar-kabar yang beredar. Jangan mudah dipengaruhi hoaks,’’ pintanya.

Terpisah, Ketua PCNU Pacitan Mahmud menegaskan bahwa meyakini hari kiamat itu hukumnya wajib bagi umat Islam, khususnya nahdliyin. Namun, manusia tidak bisa memprediksi kapan datangnya. Munculnya isu kiamat pada 2019 yang diduga dari penganut Thoriqoh Akmaliyah ini, menurut dia, tidak bisa dipertanggungjawabkan. ‘’Kepastian hari kiamat itu rahasia Allah,’’ tuturnya.

Memercayai isu hari kiamat, lanjut dia, merupakan bukti minimnya ilmu agama, khususnya di desa-desa. Untuk itu, kejadian serupa harus diantisipasi dengan pemahaman dari tokoh agama di setiap desa. PCNU Pacitan sudah meminta pengurus cabang turun ke bawah  untuk memberi pemahaman terkait hari kiamat. ‘’Kami juga sudah antisipasi agar Thoriqoh Akmaliyah tidak masuk Pacitan. Khususnya, bagi warga NU yang banyak menganut Thoriqoh Qadiriyah wa Naqsyabandiyah,’’ jelasnya. (odi/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here