Magetan

Orang Tua Positif, Anak Dikarantina

Pemkab Magetan Pertimbangkan OTG Diisolasi di Rumah

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Anak pasangan pasien positif Covid-19 asal Poncol yang masuk dalam klaster Sampoerna mendapat perhatian pemkab. Pada Sabtu lalu (16/5) bocah berusia 11 tahun itu dipantau kondisi kesehatannya oleh Bupati Suprawoto ketika dikarantina di Puskesmas Poncol. ‘’Saya sudah meninjau kondisinya. Negatif. Tidak apa-apa,’’ kata bupati Selasa (19/5).

Dia sengaja menempatkan bocah itu di puskesmas supaya mudah diawasi. Di sisi lain, bocah tersebut tidak memungkinkan menjalani karantina mandiri di rumah sendirian. ‘’Karena sendirian, kemudian kami minta isolasi di fasilitas kesehatan Poncol,’’ ujar kepala daerah yang akrab disapa Kang Woto tersebut.

Sementara itu, pemkab membuka peluang bagi pasangan positif Covid-19 yang berstatus orang tanpa gejala (OTG) tersebut untuk diisolasi di rumah. Asalkan seluruh kriteria yang ada dapat terpenuhi. Misalnya memastikan rumah itu hanya ditempati oleh dua penderita tanpa gejala tersebut. Serta jarak antar-rumah warga memadai.

Kang Woto mengungkapkan, kebijakan isolasi mandiri terhadap pasien positif sebelumnya pernah diberlakukan pada seorang penderita Covid-19 asal Karas. Pertimbangan tersebut terpaksa diambil lantaran tempat khusus isolasi pasien positif korona yang disediakan dinkes sudah penuh. ‘’Kepada masyarakat, jangan jauhi pasien yang menjalani isolasi mandiri,’’ pintanya. (bel/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close